Honda Bakal Produksi Mobil Listrik Bertenaga Hidrogen Mulai Tahun 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 4 Januari 2023 20:29 WIB
Honda Hydrogen Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Honda
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda berencana memproduksi mobil listrik bertenaga hidrogen atau Hydrogen Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) mulai tahun 2024 di Amerika Serikat. Mobil hidrogen ini akan dirpoduksi di fasilitas produksi Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio, Amerika Serikat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Vice President of Auto Planning & Strategy for American Honda Motor Co., Inc., Gary Robinson, produksi mobil hidrogen ini sejalan dengan tujuan Honda untuk mewujudkan netralitas karbon pada tahun 2050. Di tahun 2024, Honda sendiri berharap bisa memiliki lini kendaraan listrik yang lengkap.

"Maka dari itu, kami mempercepat rencana kami untuk memproduksi baterai kendaraan listrik Honda di Amerika Serikat," kata Gary dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Rabu, 4 Januari 2023.

Adapun model pertama yang akan menggunakan teknologi hidrogen ini adalah Honda CR-V. SUV ini dipilih karena memiliki peran penting dalam strategi elektrifikasi Honda di Amerika Serikat.

Honda CR-V generasi keenam menjadi SUV terlaris sekaligus menjadi model favorit konsumen dikarenakan memiliki desain eksterior yang tanggung dan interiornya yang sporty serta modern. Honda CR-V juga memiliki mesin yang bertenaga dan nyaman serta memiliki ruang penyimpanan yang luas.

Teknologi FCEV merupakan mesin kendaraan yang digerakkan oleh motor listrik berbahan bakar hidrogen. Kendaraan jenis ini memiliki tangki bahan bakar yang menjadi tempat hidrogen, selayaknya tangki bahan bakar pada kendaraan konvensional.

Bahan bakar hidrogen tersebut akan sepenuhnya menjadi sumber energi yang menjalankan motor listrik. Saat berjalan, kendaraan ini diklaim tidak melepaskan zat CO2 maupun emisi berbahaya lainnya.

Baca juga: Mobil Listrik Sony Honda Mobility Bakal Diperkenalkan di CES 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi