Volvo EX90 akan Gunakan Peta Canggih dari Google
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 9 Januari 2023 07:00 WIB
Volvo EX90 tampil di CES 2023 akan dilengkapi fitur Google HD Maps guna memudahkan memantau kondisi lalu lintas. (Foto: Volvo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Volvo telah menyiapkan EX90 versi teranyar dengan teknologi lidar, kamera, dan radar. Penggabungan teknologi tersebut guna memahami lingkungan sekitar mobil dan membantu pengemudi tetap aman selama berkendara. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Manufaktur asal Swedia memastikan bahwa  untuk lebih meningkatkan teknologi berkendara otonom di masa mendatang. Volvo juga memerlukan cara untuk mengenali lingkungan secara mendetail – baik langsung di depan mobil maupun pada jarak yang lebih jauh menjelang tikungan di depan.

Sedianya Volvo EX90 akan disematkan Google HD Maps – berupa peta komprehensif yang dirancang khusus untuk manufaktur kendaraan. Fitur ini akan memberikan informasi detail jalan dan terkini.

Pengaplikasian Google HD Maps ini sebagai kelanjutan kolaborasi jangka panjang antara Google, Volvo Cars dan afiliasi strategis Polestar. Volvo akan menjadi produsen mobil pertama menghadirkan teknologi peta bersolusi tinggi di dalam mobil, dimulai dengan EX90 dan Polestar 3 yang baru diluncurkan.

Volvo EX90 tampil di CES 2023 akan dilengkapi fitur Google HD Maps guna memudahkan memantau kondisi lalu lintas. (Foto: Volvo)

Melalui Google HP Maps ini, Volvo dapat menyatukan data dari set sensor terkini di industri, yakni di EX90 dengan data level jalur dan lokalisasi Google. Secara akurat memfasilitasi fitur mengemudi dengan bantuan seperti perubahan jalur dan teknologi Vovo Cars Pilot Assist, layaknya fungsi mengemudi otonom di masa depan.

“Penambahan Google HD Maps di jajaran mobil masa depan kami menandai perluasan kolaborasi strategis dengan Google. Mencerminkan komitmen kami dapat bekerja sama dengan para pemimpin teknologi,” ujar COO and Deputy CEO, Javier Varela dalam keterangan resminya. 

Varela menambahkan bahwa melalui penerapan Google HD Maps di mobil Volvo masa depan akan membantu menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan kepada pengemudi dan berkontribusi pada pengenalan mengemudi otonom yang aman.

Sebagai bagian membangun sejarah panjang Google dalam memetakan dunia, peta HD terbaru Google dirancang khusus untuk manufaktur dan menyediakan data lanjur kendaraan dan lokalisasi yang komprehensif yang sangat penting guna menggerakkan sistem bantuan mengemudi dan generasi berkendara otonom generasi berikutnya. 

VP and General Manager of Geo Automotive Google Jorgen Behrens menyatakan, “Kami sangat senang dapat terus bermitra dengan pembuat mobil terkemuka seperti Volvo Cars guna meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengemudi di mana saja.”

Volvo EX90 tampil di CES 2023 akan dilengkapi fitur Google HD Maps guna memudahkan memantau kondisi lalu lintas. (Foto: Volvo)

Informasi jalan ini digabungkan dengan data dari lidar EX90 dan sensor lainnya akan diproses melalui sistem komputer inti mobil yang diolah NVIDIA DRIVE AI Platforms Xavier dan Orin.

Volvo Cars memastikan melalui penggabungan data dari Google HD Maps dengan informasi yang dikumpulkan dari sensor eksterior, termasuk lidar dan perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak keamanan Zenseact. Volvo bertujuan dapat menciptakan perjalanan yang lebih dapat diprediksi, aman, dan nyaman.

Di masa mendatang, Google HD Maps juga akan mendukung kebaruan teknologi mengemudi otonom yang dikombinasikan dengan rangkaian sensor terdiri dari lidar, radar, kamera, dan sensor ultrasonik. Kesemuanya terintegrasi di bagian atap, untuk lebih mudah meningkatkan pemahaman mobil tentang lingkungannya.

Baca juga: SUV Listrik Volvo EX90 Hadir di CES 2023, Pakai Bahan Daur Ulang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi