VinFast Tunda Pengiriman Mobil Listrik ke Pasar AS, Ini Alasannya
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 9 Januari 2023 18:00 WIB
SUV listrik VinFast VF8 ditampilkan selama Consumer Electronic Show 2022 (CES 2022) di Las Vegas Convention Center di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 5 Januari 2022. REUTERS/Steve Marcus
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembuat mobil listrik Vietnam VinFast dilaporkan bakal menunda pengiriman produk gelombang pertamanya ke pasar Amerika Serikat. Keputusan itu diambil karena periode Desember hingga Januari adalah musim liburan di negara tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat ini VinFast tengah menyusun prosedur dengan bank bagi pelanggan yang ingin melakukan pinjaman. Hal tersebut dibenarkan langsung melalui pernyataan resmi perusahaan.

“Kami sedang menandatangani kontrak penjualan dengan pelanggan kami dan akan menyerahkan kendaraan pada Januari sesuai dengan kebutuhan mereka,” bunyi pernyataan tersebut, dikutip Gooto.com dari situs berita Bloomberg.

Penundaan pengiriman mobil listrik VinFast nyatanya juga dilakukan untuk pasar otomotif Kanada hingga awal 2023. Keputusan tersebut diambil karena perusahaan Vietnam tersebut mengalami krisis chip semikonduktor.

VinFast sendiri sebelumnya sempat mengklaim menerima 24.000 unit pemesanan secara global dalam waktu 48 jam setelah membuka pesanan. Pada gelombang berikutnya, mereka bertujuan untuk mengirimkan sekitar 5.000 kendaraan listrik ke AS, Eropa dan Kanada.

Sekedar informasi tambahan, VinFast saat ini sudah memiliki kantor pusat di Los Angeles dan pusat R&D di San Francisco, Amerika Serikat. Nantinya pabrik tersebut bakal memulai produksi pada 2024 mendatang dengan kapasitas hingga 150 ribu unit per tahunnya.

Tak hanya kendaraan listrik saja, pabrik itu juga akan memproduksi bus listrik dan baterai secara bertahap. Perusahaan Vietnam tersebut pun menyiapkan dana sebesar 6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 93 triliun untuk pengembangannya.

VinFast sendiri telah meluncurkan mobil listrik VF8 dan VF9 di pameran LA Auto Show pada 2021 lalu. Itu menjadi langkah yang sesuai dengan visi mereka untuk berhenti memproduksi kendaraan konvensional bertenaga gas dan beralih ke elektrifikasi.

Mobil listrik VinFast sendiri sudah diproduksi di pabrik Vietnam pada Desember 2021. VinFast juga telah menghadirkan kendaraan listrik baru bernama VF6 dan VF7.

Baca juga: BMW Pamerkan Mobil Listrik Konsep i Vision Dee di CES 2023

BLOOMBERG

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi