BYD Rilis SUV Listrik YangWang U8 Bertenaga 1.100 Hp
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 9 Januari 2023 14:22 WIB
YangWang U8. (carscoops)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaYangWang, brand yang dimiliki BYD, merilis SUV listrik yang menjadi model pertama mereka untuk pasar Cina. Menariknya, model yang diberi nama YangWang U8 ini diposisikan sebagai SUV listrik mewah dengan tampilan yang mirip-mirip Land Rover Defender. Atau mungkin bisa disebut sebagai penantang serius Hummer EV. Tentu dengan kemampuan off-road yang baik. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilihat dari tampilan, SUV ini tampak bongsor dengan desain kotak. Dilengkapi dengan lampu depan LED yang menyatu dengan gril, spatbor berbentuk kotak melengkung untuk bisa menampung roda 20 inci, gagang pintu rata, dan penutup ban serep heksagonal di pintu belakang. 

Sayangnya, belum ada bocoran gambar interior pada SUV ini. Berdasarkan laporan carscoops, Senin, 9 Januari 2023, SUV listrik ini menggunakan arsitektur rangka tangga (ladder frame) dengan dimensi panjang 5.300 mm dengan jarak sumbu roda 3.050 mm. Dimensi ini setara dengan Defender unibody 130. 

U8 disebut menggunakan baterai blade buatan BYD, namun belum ada informasi mengenai kapasitas dan teknis detailnya. U8 juga memanfaatkan teknologi "Yisifang" yang dikembangkan sendiri untuk powertrain quad-motor, yang akan menjadi perlengkapan standar untuk semua model merek YangWang.

Di U8, setiap motor menghasilkan 295-322 hp (220-240 kW / 299-326 PS) dan torsi 320-420 Nm, menghasilkan output gabungan lebih dari 1.100 hp (820 kW / 1.115PS). Output daya gabungan yang luar biasa memungkinkan SUV besar dan kelas berat ini berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 3 detik saja. Ini juga membawa fungsi vektor torsi canggih ke sistem penggerak empat roda yang dikontrol secara elektronik.

Selain itu, perusahaan mengatakan U8 mampu melakukan putaran 360 derajat, dan memiliki mode berjalan seperti kepiting (mirip fitur yang dimiliki Hummer EV). Kunggulan lainnya adalah kemampuan mengambang di atas air yang dimungkinkan oleh bodi kedap air. Satu lagi, SUV listrik ini disebut memiliki mode mengemudi khusus untuk berbagai skenario off-road. Perusahaan juga mengatakan bahwa SUV tersebut akan dapat terus melaju dengan kecepatan 120 km per jam, bahkan saat ban kempes.

BYD belum merilis harga untuk U8 ini, tetapi media lokal Cina memperkirakan harganya sekitar 1 juta yuan atau setara Rp 2,3 miliar (kurs saat ini 1 yuan = Rp 2.301). 

CARSCOOPS

Baca juga: Macet-macetan Naik Wuling Almaz Hybrid di Jakarta, BBM 18,8 Km per Liter

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi