Penjualan Global BMW Group 2022 Turun 4,8 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 11 Januari 2023 06:45 WIB
Desain Gril mobil listrik BMW iX xDrive40 M Sport. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBMW Group menyatakan bahwa telah mengirimkan total 2.399.636 kendaraan dari merek BMW, MINI dan Rolls-Royce kepada pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2022. Hasil tersebut mengalami penurunan 4,8 persen dibanding penjualan tahun 2021.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Brand berlambang propeler tersebut mengungkapkan bahwa tahun lalu semua industri menghadapi hambatan dari kelangkaan pasokan suku cadang, lockdown Covid-19 di Cina, dan perang Rusia-Ukraina.

Awal semester merupakan hasil penjualan yang menyedihkan, sangat jauh berbanding tahun sebelumnya. Kenaikan penjualan mobil dirasakan sepanjang semester dua tahun lalu. Hal ini terlihat dari penjualan kuartal akhir BMW Group berhasil mencatatkan peningkatan penjualan mencapai 10,6 persen atau 651.798 unit berhasil dikirim ke konsumen.

Langkah elektrifikasi yang diterapkan oleh BMW Group justru mengalami peningkatan permintaan berbanding tahun lalu. Sebab tahun 2022 untuk mobil listrik murni BMW dan MINI berhasil menjual 215.755 unit kepada konsumen global, menunjukkan peningkatan 107,7 persen berbanding tahun lalu. Adapun total kendaraan listrik termasuk jajaran plug-in hybrid, mengalami kenaikan 35,6 persen berbanding tahun lalu di angka 372.956 unit. Sedangkan untuk kendaraan listrik MINI termasuk plug-in hybrid alami kenaikan 14,3 persen atau berhasil menjual 60.839 unit.

MINI Editions Resolute, Untold dan Untamed. (Foto: MINI)

Meski mengalami penurunan penjualan, BMW Group optimistis menyambut tahun 2023, khususnya potensi penjualan kendaraan listrik.

“Tentunya kami akan mengelola lebih baik lagi agar peroleh pertumbuhan keuntungan pada tahun 2023. Fokus lebih jelas melanjutkan menyediakan lengkap jajaran kendaraan listrik. Kami berharap kendaraan listrik mampu membukukan kenaikan 15 persen untuk penjualan," kata Pieter Nota, member of the Board of Management of BMW AG responsible for Customer, Brands, Sales, dalam keterangan resmi, Selasa, 10 Januari 2023.

"Diluncurkannya BMW i5 pada akhir tahun ini, tentunya langkah penting meramaikan jalan raya dengan produk mobil listrik kami.”

Sebagai informasi, kendaraan listrik BMW dan MINI berhasil menorehkan penjualan di angka 500.000 unit pada penghujung tahun lalu. “Kami yakin bisa menjadi penyemangat untuk meraih kesuksesan pada 2023, kami melihat akan semakin tingginya permintaan model kendaraan listrik kami,” ujar dia.

Baca juga: BMW Pamerkan Mobil Listrik Konsep i Vision Dee di CES 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi