Lamborghini Aventador SVJ Made in Sukoharjo Ini Ditawar Rp 275 Juta
Reporter: Septia Ryanthie
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 11 Januari 2023 20:13 WIB
Mobil modifikasi Lamborghini Aventador SVJ dari Mitsubishi Eterna buatan Arjo Purwanto, warga Desa Bugel, Polokarto, Sukoharjo, JawaTengah. Meski belum kelar digarap, sudah ada yang menawar Rp 275 juta. FOTO: TEMPO/SEPTHIA RYANTHIE

GOOTO.COM, Sukoharjo - Lamborghini Aventador SVJ merupakan salah satu supercar berharga puluhan miliar rupiah dan termasuk langka. Nah, warga Sukoharjo bernama Arjo Purwanto membuat versi tiruan dan sudah ada yang menawar seharga Honda WR-V terbaru. 

Aventador SVJ made in Sukoharjo ini dibangun dari bahan satu unit Mitsubishi Galant Eterna keluaran tahun 1990. Arjo melakukan modifikasi ekstrem dengan mengubah total tampilan mobil sedan yang dibelinya seharga Rp 25 juta itu menjadi layaknya Aventador SVJ. 

Modifikasi itu dilakukan Arjo terutama pada bagian bodi Eterna yang diubah bentuknya menjadi semirip mungkin dengan bodi Aventador SVJ. Ukuran dan detail bagian pun mengacu pada dimensi bentuk dan ukuran asli model buatan produsen asal Italia itu. 

"Basic kendaraan ini adalah Mitusbishi Eterna 2000 cc. Yang dipakai hanya lantai dan mesin saja. Untuk mesin hanya saya ubah dari injeksi ke karbu (karburator),” kata Arjo yang dikutip Gooto dari Tempo, Selasa, 10 Januari 2023.

Arjo yang mengaku belum memiliki keahlian di bidang modifikasi mempelajari pembuatan ulang bodi mobil secara otodidak. 

Semua referensi untuk membuat replika bodi Aventador SVJ itu diperolehnya dari berbagai sumber di internet, terutama YouTube. Arjo juga memiliki miniatur Aventador SVJ yang digunakannya sebagai model pembanding. 

Proses modifikasi mobil sendiri telah memakan waktu 2 tahun dengan biaya yang harus dikeluarkan sudah lebih dari Rp 150 juta. Lamanya proses tak lepas dari pembuatan bodi yang harus bongkar pasang demi memaksimalkan bentuk dan ukurannya. 

Dalam pengerjaan itu, Arjo pada awalnya sempat dibantu oleh sang anak. Lantaran anaknya kemudian mendapat pekerjaan tetap di Jakarta, Arjo pun melanjutkan modifikasi mobil itu sendiri secara manual.

"Memang tidak sekali jadi. Kalau ternyata dari bentuk dan ukuran dilihat kurang atau tidak bagus ya saya rombak lagi. Itu yang membuat biayanya membengkak," kata Arjo.

Perajin memeriksa mesin mobil Mitsubishi Eterna yang dimodifikasi menyerupai Lamborghini Aventador SVJ di Kampung Bugel, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu, 4 Januari 2023. Arjo Purwanto mulai mengerjakan modifikasi mobilnya dengan berbekal miniatur mainan berbentuk supercar Lamborghini Aventador SVJ dan melalui video di YouTube. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Untuk pembuatan bodi mobil yang dimodifikasi termasuk pada bagian wings, pemilik bengkel Arjo Otomotif sekaligus pebisnis jual-beli mobil bekas jenis pikap di Polokarto, Sukoharjo ini mengaku menggunakan beberapa jenis bahan antara lain pelat alumunium berketebalan 1 milimeter untuk bahan utamanya, fiber hingga triplek. 

"Untuk bagian eksterior, digunakan bahan full pelat aluminium. Adapun bagian interiornya menggunakan bahan fiber dan triplek," tutur Arjo.

Ditanya perihal perkiraan biaya total modifikasi mobil itu hingga rampung nantinya, Arjo menyebut kemungkinan akan mencapai sekitar Rp 160 juta. 

"Tapi itu belum termasuk hitungan tenaga. Ini nanti untuk penyelesaian, belum lagi nanti kalau ditambah dispensi dan sebagainya, kalau seperti itu kemungkinan ya bertambah lagi," katanya.

Terlihat logo Lamborghini yang terpasang pada bodi mobil itu. Arjo menuturkan logo itu didatangkan khusus dari luar negeri yang dipesannya secara daring atau online.

“Ini (logo Lamborghini) kita pesan online dari luar negeri, kalau tidak salah dulu Cina,” katanya 

Penggarapan mobil Lamborghini itu saat ini baru mencapai sekitar 85 persen. Namun diakui Arjo, sudah ada lebih dari 50 orang yang menghubunginya dengan niat membeli mobil itu. 

"Yang nawar banyak. Ada mungkin 50 orang. Bahkan ada yang dari Sulawesi menawar dengan harga Rp 275 juta," tuturnya. Harga itu mendekati harga sebuah mobil Honda WR-V tipe terendah yang dibanderol Rp 279 juta (on the road wilayah DKI Jakarta). 

Ditanya kemungkinan jika mobil modifikasinya itu akan dijualnya, Arjo mengaku ia mungkin akan melepas mobil itu dengan harga berkisar Rp 275 juta itu. 

"Kurang lebih ya sekitar itu (Rp 275 juta). Itu kalau apa adanya ya. Kalau ada tambahan atau penggantian ya kemungkinan bertambah lagi," ujar dia. 

SEPTHIA RYANTHIE

Baca juga: Lamborghini Akhiri Produksi Aventador di Angka 11.465 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

#Lamborghini
#Lamborghini Aventador SVJ
#Modifikasi
#Aventador
#Mitsubishi Eterna
#Honda WR-V

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi