Mazda MX-30 e-Skyactiv R-EV Hidupkan Kembali Mesin Rotary
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 14 Januari 2023 09:09 WIB
Merupakan reproduksi warna atap mobil penumpang pertama Mazda, R360 Coupe, dihadirkan di Mazda MX-30 e-Skyactiv R-EV. (Foto: Mazda Europe)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMazda MX-30 e-Skyactiv R-EV tampil di Brussel Motor Show 2023 yang dibuka 13 Januari 2023. Mazda menghidupkan kembali mesin rotary yang melegenda pada model ini. Meski demikian, mesin ini tidak berfungsi sebagai penggerak roda tapi sebagai generator untuk mengisi ulang baterai hybrid.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelumnya, Mazda MX-30 hanya disuguhkan sebagai kendaraan listrik murni alias mengandalkan performa dari baterai. Dihadirkannya versi hybrid ini sebagai pengalaman baru bagi pengendara untuk mendapatkan kenyamanan, ergonomis, tatanan interior dibuat agar lebih hadirkan kesan hangat.

Mazda MX-30 e-Skyactiv R-EV gunakan mesin rotari sebagai pembangkit listrik alias generator untuk pengisian ulang baterai. (Foto: Mazda Europe)

MX-30 e-Skyactiv R-EV merupakan model plug-in hybrid, memperluas pilihan bagi masyarakat terhadap penggunaan baterai kendaraan listrik. Namun tetap mempertahankan nilai dasar yang diberikan MX-30.

Penggunaan baterai mampu menempuh jarak 85 km, sehingga bisa diandalkan dalam mobilitas harian. Bakan bisa melaju kencang hanya dengan penggunaan baterai. Saat melaju digerakkan oleh motor listrik yang ditransfer ke roda.

Mesin rotary Mazda disandingkan dengan kunci Mazda MX-30 e-Skyactiv R-EV. (Foto: Mazda Europe)

Seperti diungkapkan di awal bahwa mesin bensin berteknologi rotary digunakan sebagai generator. Bertugas sebagai pembangkit listrik yang diyakini sesuai dengan kebutuhan berkat bentuk ukuran ringkas. Mesin rotary ini akan mengubah tenaga gerak menjadi energi listrik guna mengisi baterai lithium-ion berkapasitas 17,8 kWh.

MX-30 e-Skyactiv R-EV membawa tangki bahan bakar yang bisa menampung 50 liter. Mazda mengklaim telah membuat sistem hybrid plug-in yang cukup unik. Perihal pengisian baterai plug-in bisa dilakukan dengan metode normal dan cepat, melalui catu daya 1500W. Saat melaju, pengendara bisa menggunakan tiga mode berkendara mulai dari mode EV, Normal, dan Pengisian Daya.

Mazda MX-30 e-Skyactiv R-EV Edition R tatanan interior lebih mewah. (Foto: Mazda Europe)

Ketika melaju menggunakan mode EV, sistem pembangkit tenaga listrik alias mesin rotary akan langsung hidup untuk menyuntikkan energi ke baterai apabila pengendara melakukan injakan pedal lebih dalam atau seperti kick down.

MX-30 e-Skyactiv R-EV dihadirkan edisi khusus "Edition R" kepada konsumen. Sementara warna eksterior dan interior bernuansa hitam, bagian atap menggunakan Malone Rouge Metallic.

Mazda MX-30 e-Skyactiv R-EV Edition R dihadirkan lebih lengkap dan tatanan lebih beda di interior. (Foto: Mazda)

Merupakan reproduksi warna atap mobil penumpang pertama Mazda, R360 Coupe, sebagai aksen warna. Selain itu, karpet dan sandaran kepala jok memiliki desain khusus seperti badge dan emboss yang meniru bentuk mesin rotary.

Newsroom Mazda

Baca juga: Mercedes-AMG SL63 Motorsport Collectors Edition Dirilis Terbatas

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi