PT Pos Indonesia dan Nestle Uji Coba Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 16 Januari 2023 12:00 WIB
Acara penyerahan Mitsubishi Fuso eCanter yang diadakan di distribution center PT Pos Indonesia Fatmawati dihadiri oleh Hariadi selaku Direktur Operation dan Digital Service PT Pos Indonesia. (Foto: Mitsubishi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMitsubishi Fuso eCanter sebagai truk komersial ringan dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tengah melanjutkan rangkaian Proof of Concept (PoC) truk listrik, melibatkan PT Nestle Indonesia dan PT Pos Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Uji coba gunakan Mitsubishi Fuso eCanter dilakukan PT Nestle Indonesia dimulai pada 1 Desember 2022 untuk kegiatan distribusi di wilayah Cikarang dan Bekasi kepada konsumennya. Sejalan dengan komitmennya, Nestle saat ini sedang berada dalam perjalanan untuk mencapai net zero emission tahun 2050.

Salah satu upaya dalam mencapai target tersebut yaitu melalui proyek solusi iklim alami dalam rantai pasokan mereka, di mana eCanter menjadi pilihan transportasi yang mendukung keberlanjutan untuk pengiriman produk mereka

Direktur Supply Chain PT Nestle Indonesia, Calvin Widjaja, menjelaskan bahwa mereka sangat terkesan dengan teknologi eCanter, dan tidak menemukan kendala apapun setelah uji coba selama satu bulan. 

Sebagai perusahaan Good Food, Good Life, Nestle senantiasa memastikan bahwa sepanjang proses operasional kami berkontribusi dalam menjaga planet untuk masa mendatang. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Nestle dan KTB untuk berkolaborasi dalam mencoba penggunaan kendaraan listrik untuk proses distribusi Nestle Indonesia. 

Pengisian baterai Mitsubishi Fuso eCanter di PT Pos Indonesia. (Foto: Mitsubishi)

Dirinya menegaskan bahwa uji coba berjalan lancar dan memberikan pengalaman baru menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan. “Meski ini merupakan teknologi dan antarmuka yang baru dan terkini, namun pengemudi kami terkesan dengan kemudahan dalam mengoperasikan eCanter sehari – hari, seperti mengisi daya, mengemudi, dan bermanuver,” kata Calvin.

Adapun pada 12 Januari 2023, PT Pos Indonesia juga telah memulai Proof of Concept (POC) truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter. Acara penyerahan yang diadakan di distribution center PT Pos Indonesia Fatmawati dihadiri oleh Hariadi selaku Direktur Operation dan Digital Service PT Pos Indonesia. Mereka berencana menggunakan eCanter dari cabang mereka di Jakarta ke provider logistik mereka untuk mengirimkan surat dan parcel selama satu bulan.

Hingga hari ini, Fuso eCanter telah menempuh jarak 4.500 km dalam rangkaian PoC di Indonesia tanpa kendala dan keluhan dari konsumen. Tenaga dan akselerasi instan eCanter mengesankan para konsumen dan membuat mereka mempertimbangkan eCanter sebagai pilihan mereka yang nyata dan dapat diterapkan untuk bisnis logistik di Indonesia. 

Fuso eCanter memiliki jangkauan 100 kilometer dan kapasitas muat hingga tiga setengah ton - tergantung pada bodi dan penggunaan.

Powertrain listrik kendaraan berisi enam paket baterai lithium ion bertegangan tinggi dengan masing-masing berkapasitas 420 V dan 13,8 kWh.

Dibandingkan dengan truk diesel konvensional, truk ini menawarkan penghematan hingga 1.000 Euro (setara Rp 14,9 juta) per 10.000 kilometer untuk biaya pengoperasian.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Program Promo Imlek, Apa Saja?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi