Polda Jateng Mulai Uji Coba ETLE Drone, Kapan Diterapkan?
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 16 Januari 2023 12:00 WIB
Anggota polisi lalu lintas menunjukkan kamera tilang elektronik portable di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu, 20 Maret 2021. Polda Metro Jaya meluncurkan 30 unit kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcment (ETLE) berbasis portable yang terdiri dari bodycam, helmet cam, dashcam dan drone surveillance untuk membantu penindakan pelanggaran lalu lintas di berbagai lokasi secara acak dalam rangka menjelang penerapan tilang elektronik nasional pada 23 Maret 2021. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah (Jateng) telah menguji coba electronic traffic law enforcement (ETLE) menggunakan drone. ETLE drone ini merupakan terobosan baru untuk menertibkan lalu lintas di wilayah tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

ETLE drone tersebut mulai diuji coba di Exit Tol Tingkir wilayah hukum Polres Salatiga pada Jumat, 13 Januari 2023. Kabar itu dibenarkan langsung oleh Kanit V Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Iptu Doohan Octa Prasetya.

Dirinya menjelaskan bahwa Ditlantas Polda Jateng mulai mengembangkan ETLE Drone di 35 Polres. Sistem kamera tilang elektronik melalui drone ini dihadirkan untuk mengefektifkan ETLE statis di wilayah Jateng.

“ETLE Drone bisa lebih luas menjangkau pelanggaran yang ada di wilayah khususnya di lokasi yang padat arus lalu lintasnya,” ujar dia seperti dilansir Tempo.co dari situs resmi NTMC Polri hari ini, Senin, 16 Januari 2023.

Polda Jateng bermitra dengan Asosiasi Drone Indonesia untuk menerbangkan ETLE drone. Terhitung, saat ini sudah ada tiga drone yang tersertifikasi untuk menerbangkan drone dalam sistem tilang elektronik.

“Ada tiga personel yang tersertifikasi dan akan berkembang sedemikian rupa dan akan dikembangkan oleh seluruh Polres di Polda Jawa Tengah,” tambah Doohan.

Lebih lanjut dirinya mengatakan baha mekanisme ETLE drone ini sama dengan kamera tilang elektronik statis ataupun mobile. Namun ETLE drone diklaim lebih efektif dalam memantau lalu lintas dari udara.

“Dari uji coba sekitar 20 menit saja kita bisa bisa mendapatkan banyak pelanggar lalu lintas yang kasat mata, seperti tidak memakai helm dan sabuk keselamatan. ETLE Drone saat ini masih dalam pengembangan,” tutup dia.

Baca juga: Tilang Manual Bakal Kembali Diberlakukan, Bagaimana Nasib ETLE?

NTMC POLRI

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi