Ferrari Ajukan Paten Suara Knalpot Buatan untuk Mobil Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 23 Januari 2023 17:00 WIB
Logo Ferrari. TEMPO/Wawan Priyanto
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFerrari dilaporkan tengah mengajukan paten untuk knalpot yang akan digunakan pada supercar listriknya. Produsen asal Italia itu tetap berpegang teguh pada prinsip 'mobil sport itu harus bersuara merdu', sama seperti mobil sport bermesin pembakaran internal. Suara inilah yang tidak mungkin ditinggalkan oleh penggemar mobil-mobil super. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari bocoran paten yang dikutip dari carbuzz, suara akan bersumber pada kinerja motor listrik. Suara knalpot ini diatur melalui komputer yang akan bekerja berdasarkan putaran motor listrik. Semakin cepat putaran motor listrik, semakin keras pula suara yang akan keluar dari knalpot. 

Gambar paten secara khusus menunjukkan 'perangkat reproduksi suara' yang tampaknya merupakan satu speaker di dekat poros belakang. Suara yang direproduksi bisa berasal dari komponen motor listrik atau yang lainnya. Terlepas dari itu, tujuannya tampaknya untuk mengaitkan apa yang terjadi secara fisik di drivetrain dengan suara itu sendiri.

Gambar paten suara knalpot buatan yang diajukan Ferrari untuk mobil listrik mereka. (carbuzz)

Gambar lain menunjukkan hasil pengujian yang sudah dilakukan. Untuk saat ini, teknologinya masih dalam tahap percobaan, tetapi gambar ketiga dalam dokumen tampaknya menunjukkan bahwa Ferrari sudah mendapatkan suara yang berbeda berdasarkan kecepatan motor. 

Mengapa Ferrari sangat ingin melengkapi mobil listrik dengan suara knalpot layaknya mobil bermesin ICE? Ferrari menjelaskannya dalam dokumentasi juga. Dalam mobil sport berperforma tinggi, suara yang dihasilkan oleh mesin itu penting. Bahkan suara mobil sport disebut sebagai “kenikmatan berkendara” bagi penggunanya. 

Ferrari juga menjelaskan bahwa suara yang dihasilkan oleh mesin memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan umpan balik langsung tentang kondisi kendaraan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai kinerja yang diberikan. Sederhananya, suara knalpot menjadi indikator performa sebuah kendaraan. 

Ferrari tidak sendirian dalam menciptakan suara knalpot buatan ini. Ada beberapa produsen lain yang tengah menyiapkan suara knalpot buatan untuk mobil listrik mereka seperti Dodge dan lainnya. 

Baca juga: Meja Kopi Berhias Mesin Ferrari Dilelang, Lihat Harganya

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi