Honda dan GS Yuasa akan Bentuk Perusahaan Baterai Listrik
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 24 Januari 2023 08:57 WIB
Honda Motor Co., Ltd. (Honda) dan GS Yuasa International Ltd. (GS Yuasa) bekerja sama dalam produksi baterai bertegangan tinggi dan bertenaga besar dari lithium-ion. (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda Motor Co., Ltd. (Honda) dan GS Yuasa International Ltd. (GS Yuasa) mengumumkan bahwa mereka memulai tahapan awal untuk bekerja sama melakukan produksi baterai bertegangan tinggi dan bertenaga besar dari lithium-ion.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedianya, baik Honda dan GS Yuasa akan mendiskusikan kerja sama tersebut untuk membentuk sebuah perusahaan patungan yang didirikan pada penghujung 2023.

Hal tersebut dilakukan melihat semakin tingginya kebutuhan akan baterai kendaraan. Honda dan GS Yuasa akan melakukan penelitian dan pengembangan baterai lithium-ion dan metode produksi baterai yang kompetitif secara global, serta terdepan dalam rantai pasokan terutama di bahan mentah dan sistem produksi baterai yang efisien.

“Honda berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan yang melibatkan Honda pada tahun 2050. Honda dan GS Yuasa telah bekerja sama dalam baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik hybrid (HEV), dan kolaborasi baru ini akan semakin mempercepat kinerja Honda. strategi elektrifikasi menuju pencapaian tujuan netralitas karbon kami,” ujar Toshihiro Mibe, Director, President and Representative Executive Officer of Honda Motor Co., Ltd dalam keterangan resmi, Senin, 23 Januari 2023.

Kesepakatan sementara telah dibuat oleh Honda dan GS Yuasa untuk perusahaan yang nantinya akan melakukan produksi baterai listrik, berikut rinciannya;

  1. Melakukan penelitian dan pengembangan baterai berkapasitas besar, bertenaga besar untuk baterai lithium-ion, akan digunakan untuk Electric Vehicle (EV), dan penerapan metode produksi.
  2. Pendirian dan pengelolaan kekayaan intelektual termasuk paten yang terkait dengan penelitian dan pengembangan bersama.
  3. Merencanakan produk yang memanfaatkan teknologi hasil penelitian dan pengembangan bersama, dan merencanakan jaringan penjualan yang sesuai kebutuhan.
  4. Merancang operasional produksi yang efisien termasuk rantai pasokan untuk bahan baku utama.

“Berdasarkan filosofi perusahaan kami tentang ‘Innovation and Growth’, GS Yuasa telah mengambil tantangan menciptakan teknologi energi sambil mengumpulkan berbagai pengetahuan dan pemahaman yang berkaitan dengan baterai," kata Osamu Murao, President and Representative Director of GS Yuasa International Ltd.

Melalui kolaborasi baru dengan Honda, GS Yuasa akan berkontribusi pada penyebaran kendaraan listrik lebih lanjut. “Menawarkan kenyamanan dan ketenangan pikiran yang lebih baik kepada pelanggan di seluruh dunia dan berusaha menciptakan nilai baru mewujudkan netralitas karbon,” ujar Murao.

Baca Juga: All New Hyundai Kona Meluncur Maret, Simak Spesifikasinya!

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi