All New Hyundai Kona Meluncur Maret, Simak Spesifikasinya!
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 24 Januari 2023 06:00 WIB
All New Hyundai Kona ICE, Kona HEV, dan EV akan jadi pilihan konsumen global. (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAll New Hyundai Kona baru resmi diperkenalkan pada Maret mendatang, namun manufaktur asal Korea ini sudah membeberkan fitur berteknologi tinggi sebagai penunjang kenyamanan. Bahkan pilihan sumber tenaganya beragam, mulai dari Electric Vehicle (EV), Hybrid Electric (HEV), dan Internal Combustion Engine (ICE). Kerennya lagi, ketiga sumber tenaga tersebut ada pilihan performa tinggi N Line, tapi tak semua negara mendapatkannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sentuhan optimal di All New Kona adalah kelegaan kabin serta meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam akses muat barang melalui modifikasi di smart power tailgate.

Seperti diungkapkan di awal perihal terdepan dalam teknologi adalah adanya pembaruan Over-the-Air, layar ganda selebar 12,3 inci dan fitur pendukung keselamatan berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS).

All New Hyundai Kona memiliki kemampuan offroad ringan bagi pengendara penggemar petualang. (Foto: Hyundai)

“Kami menghadirkan Hyundai Kona untuk kepraktisan semua orang dan mendukung gaya hidupnya, dengan berbagai pilihan sumber tenaga canggih serta didukung teknologi terkini dikemas desain yang memberikan nilai tambah dalam kehidupan konsumen," kata Heui Won Yang, Executive Vice President, Head of Total Vehicle Development Tech Unit at Hyundai Motor Company. 

Dia menambahkan bahwa Hyundai berkomitmen menghadirkan pengalaman berkendara terdepan untuk memuaskan berbagai gaya hidup konsumen. 

Tarikan garis hidung hiu hingga ke bagian buritan dengan kombinasi lampu depan dan rem belakang disajikan Seamless Horizon Lamps. Membuat setiap varian All New Kona berpenampilan berbeda berkat Pixelated Seamless Horizon Lamps dan model yang pertama di Hyundai menggunakan desain ikonik ini.

Bumper depan dibuat terlihat tampan dengan garnish tiga dimensi dan skid plate berbanding gunakan kisi radiator. Rumah ban dibuat kekar dan melebar di bagian depan dan belakang, pelek 19 inci dengan desain spesial menjadi hal baru di All New Hyundai Kona.

Pada bagian bawah dan atas bumper All New Hyundai Kona HEV disematkan Active Air Flaps (AAF), sedangkan varian ICE juga ada AFF hanya di bagian atas, untuk meningkatkan nilai hambatan udara alias bisa membelah udara lebih baik.

Tatanan khusus N Line yang menjanjikan performa lebih tinggi dihadirkan tampang lebih agresif dan desain di bagian belakang melalui wing-shape bumper. Muffler ganda dan silver side skirt agar lebih sporty. Sentuhan keren lainnya berupa atap berwarna hitam hingga pelek 19 inci N Line eksklusif bermaterial alloy. Di bagian dalam akan dijumpai pedal besi dan tuas transmisi bertuliskan N.

Kepraktisan saat berkendara mendukung gadget yang dimiliki berupa wireless charging serta masih ada colokan USB sebagai sumber energi. Digital Key 2 Touch juga sudah disematkan di All New Hyundai Kona. (Hyundai)

Lebih detail membahas kabin All New Kona adalah menjanjikan yang terbaik di kelasnya. Ruang kini bertambah lega berkat penambahan jarak sumbu roda 60 mm, 77 mm lebih panjang ruang kaki, dan 11 mm untuk head room di baris kedua. Ruang bahu di baris kedua disajikan 1.402 mm, menjadi yang terbesar di kelasnya, sehingga penumpang lebih nyaman di sana.

Jok All New Kona dihadirkan lebih tipis dan rigid, tebalnya hanya 85 mm, hal ini berdampak pada ruang penumpang belakang terkesan lega. Perpindahan gigi shift-by-wire dengan column-type ditempatkan di belakang lingkar kemudi, membuat ruang di kokpit kian terbuka, resik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk penempatan barang lebih besar seperti tas.

Baris kedua yang bisa dilipat, menghadirkan ruang bagasi mencapai 723 liter. Kelegaan kabin ini dikabarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oh iya, jok baris pertama ada optimalisasi meningkatkan kenyamanan, berupa “weightless” body pressure distribution sehingga tak akan lekas letih meski perjalanan jauh. Sudah terdapat memori jok, memastikan usai dipakai orang lain, posisi nyaman sebelumnya bisa didapat lagi tanpa harus setel reclining jok dan sudut kemudi.

Kepraktisan saat berkendara mendukung gadget yang dimiliki berupa wireless charging serta masih ada colokan USB  sebagai sumber energi. Digital Key 2 Touch juga sudah disematkan di All New Hyundai Kona, serta ada Near-Field Communication (NFC) di smartphone atau smart watch, menjanjikan tingkatan tinggi keamanan.

All New Hyundai Kona berpenampilan berbeda berkat Pixelated Seamless Horizon Lamps. (Foto: Hyundai)

ADAS yang disematkan di All New Hyundai Kona juga terbilang lengkap. Mulai dari Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCA), Safe Exit Warning (SEW), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), dan Blind-spot View Monitor (BVM) and High Beam Assist (HBA). 

Fungsi pendukung lain kemudahan berkendara adalah  Smart Cruise Control (SCC), Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC), Lane Following Assist (LFA), dan Highway Driving Assist (HDA). Saat berada di parkiran ketika diajak bermanuver akan menjadi mudah, Surround View Monitor (SVM), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Forward/Side/Reverse Parking Distance Warning (PDW), Reverse Parking Collision-Avoidance Assist (PCA), dan Remote Smart Parking Assist (RSPA).

Dimensi All New Kona ICE atau HEV, memiliki total panjang 4.350 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.580 mm bila gunakan pelek standar 17 inci. Jarak sumbu roda All New Kona ini 2.660 mm. Sementara untuk All New Kona EV masih belum banyak diberikan informasi lebih jauh, tunggu bulan Maret!

Konsumen Korea akan disuguhkan mesin ICE yakni 1.6T-GDi atau mesin bensin 2.0L Atkinson. Adapun untuk 1.6T-GDi sajikan tenaga 198 PS dan torsinya 265 Nm. Mesin 2.0L memiliki tenaga 149 PS dan torsinya 179,5 Nm. Keduanya dipadu penerus daya berupa Intelligent Variable Transmission (IVT) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sedangkan untuk mesin non-turbo 1.6L DGi disokong oleh direct injection dipadu dengan motor listrik menjanjikan akselerasi impresif dan konsumsi bahan bakar lebih baik. Kombinasi tenaga di atas keras mencapai 141 PS dan torsinya terdongkrak mencapai 265 Nm.

Baca juga:  Jeep Avenger Kini Sudah Bisa Dipesan, Ada Versi Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi