Audi Activesphere Concept, Calon SUV Listrik Paling Tangguh
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 30 Januari 2023 06:25 WIB
Audi Activesphere Concept menjadi bakal calon Sport Utility Vehicle (SUV). (Foto: Audi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAudi Activesphere Concept menjadi bakal calon Sport Utility Vehicle (SUV) bongsor terbaru yang disuguhkan manufaktur asal Ingolstadt. SUV listrik nyaris lima meter ini dikemas tangguh, tapi tetap elegan dengan perpaduan material mewah dan teknologi kemudahan berkendara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melalui Audi Activesphere Concept, brand berlogo empat cincin ini ingin memastikan bahwa pengendaranya bisa membawa ke manapun permukaan jalannya, tanpa mengorbankan kenyamanan dan kemewahan berkendara. Gunakan pelek 22 inci dan ground clearance yang tinggi bisa menerobos berbagai bebatuan. 

Audi Activesphere Concept terdapat cargo bed atau Audi menyebutnya active back, (Foto: Audi)

Terdapat cargo bed atau Audi menyebutnya active back, cukup sekali tekan bagian belakang mobil bisa menyediakan bagasi besar untuk menempatkan sepeda listrik atau winter sport gear.

Audi Design Studio di Malibu yang bertanggung jawab menelurkan Audi Activesphere Concept, dikepalai oleh Gael Buzyn bersama tim bekerja sama untuk hadirkan mobil konsep ini. Mengandalkan motor listrik berkekuatan tinggi dan baterai berkapasitas besar, diklaim mampu menempuh jarak hampir 600 km. Disertakan pula sistem pengisian cepat 800 volt.

Sistem operasional inovatif akan dihadirkan berupa Audi Dimension, kombinasi dari fisik dan virtual dengan menampilkannya secara digital di kabin, tampilan real-time. (Foto: Audi)

Sistem operasional inovatif SUV listrik ini akan dihadirkan berupa Audi Dimension, kombinasi dari fisik dan virtual dengan menampilkannya secara digital di kabin, tampilan real-time. Dihadirkan pula head-set high-tech untuk secara langsung menampilkan rute, meski tampilannya 3D, bisa secara individual ditampilkan untuk pengendara dan penumpang.

Adapun dimensi Audi Activesphere Concept memiliki panjang 4,98 meter, lebar 2,07 meter dan tinggi 1,6 meter. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya disajikan 2,97 meter, menjadikan kabin lega dan ruang kaki penumpang leluasa bergerak. Pelek 22 inci dibalut ban profil 285/50, sudah cukup untuk diandalkan menjelajah. Bila ingin dipakai off-road, penutup pelek bisa dicopot. Terdapat penutup di pelek sebagai pendukung aerodinamika ketika membelah udara di jalan tol.

Audi Activesphere Concept juga bvisa dikemudikan secara normal. (Foto: Audi)

Oh iya, ground clearance  Audi Activesphere Concept ini sangat istimewa sematkan adaptive suspensi udara dan adaptive damper, bisa disetel ketinggiannya. Standarnya 208 mm, tapi bisa ditambah tinggi lagi 40 mm, atau direndahkan 40 mm. Digunakan sesuai kebutuhan lintasan. Semakin tinggi, tentunya kian lincah merayap di bebatuan, sedangkan kian rebah tingginya, semakin meningkatkan aerodinamika dan kestabilan ketika kecepatan tinggi.

Membicarakan baterai 100 kWh yang diusung di SUV listrik bersasis Premium Platform Electric (PPE). Apabila terburu-buru ingin mengejar waktu, cukup mengisi baterai 10 menit  dengan fast charging 800 volt bisa menempuh jarak 300 km. Sistem pengisian cepat 5-80 persen untuk 25 menit bisa menempuh jarak 600 km.

Motor SUV listrik yang ditempatkan di depan dan belakang untuk menggerakkan roda mampu suguhkan tenaga setara 325 kW atau 435 hp dan torsinya 720 Nm. Audi Activesphere Concept melesat 0-100 kpj bisa diraih 4,9 detik. Kecepatan mobil tergantung dari penggunaannya di jalan raya atau di jalur off-road.  

Baca juga: Peugeot E-Lion Project Menuju Kendaraan Tanpa Emisi Gas Buang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi