Rayakan 60 Tahun, Tim McLaren Formula 1 yakin Kompetitif di Formula 1
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 15 Februari 2023 08:54 WIB
McLaren Formula 1 meluncurkan MCL60 sebagai penanda 60 tahun McLaren Racing. (Foto: McLaren Formula 1)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTim McLaren Formula 1 telah mengumumkan pembalap baru mereka, Senin, 13 Februari 2023, Oscar Piastri dan Lando Norris, di markas besar OKX Thought Leadership Centre at McLaren di Woking, Inggris.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di bawah kendali Andrea Stella yang kini menjabat sebagai F1 Team Principal, pada perayaan McLaren 60 tahun, telah menamai mobil barunya adalah MCL60.  Sebagai penghormatan atas pencapaian pendirinya Bruce McLaren yang mendirikan McLaren Racing pada tahun 1963, semenjak itu tim telah memenangkan 20 kali Juara Dunia Formula 1, 183 kemenangan di grand prix, Indianapolis 500 sebanyak tiga kali dan menang Le Mans 24 Hours saat pertama kali ikutan.

Dapur pacu akan menggunakan Mercedes-AMG F1 M14 E Performance yang dipasangkan di sasis McLaren dan transmisi dukungan Mercedes HPP di Brixworth, Inggris. (Foto: McLaren Formula 1)

Adapun MCL60 berkelir livery papaya orange dan blue, warna yang pertama kali diperkenalkan oleh tim pada tahun 1960’an. Kembali diperkenalkan lagi semenjak tahun 2018. Desain di bawah kepemimpinan Technical Director James Key dan dibuat oleh tim di Woking, dipandu oleh Operations Director Piers Thyne.

Dapur pacu akan menggunakan Mercedes-AMG F1 M14 E Performance yang dipasangkan di sasis McLaren dan transmisi dukungan Mercedes HPP di Brixworth, Inggris. Lando Norris dan Oscar Piastri akan secara resmi mengendarai MCL60 di tes pramusim di Bahrain International Circuit pada 23 Februari jelang pembuka musim pada 5 Maret di Bahrain Grand Prix.

MCL60 berkelir livery papaya orange dan blue, warna yang pertama kali diperkenalkan oleh tim pada tahun 1960’an. (Foto: McLaren)

“Menjadi kebanggaan untuk meluncurkan tim Formula 1 untuk musim 2023 bersama Lando dan Oscar sekaligus perayaan 60 tahun McLaren Racing. Pembalap tahun ini akan sangat seru bergabungnya Lando Norris, merupakan pembalap pintar dan percaya diri serta kencang, serta bergabung pula pembalap muda bertalenta di dunia balap yakni Oscar Piastri,” ujar Zak Brown, CEO McLaren Racing.

“Di bawah kepemimpinan Andrea Stella, yang kini menjabat Team Principal sejak Desember 2022, kita punya tim sempurna untuk ditampilkan di musim 2023 dan tak sabar melihat dua pembalap muda ini tumbuh sepanjang musim ini,” kata Zak Brown.

Andrea Stella, Team Principal, McLaren Formula 1, mengatakan bahwa Lando dan Oscar merupakan pembalap yang kuat dan bertalenta dan tak sabar memandunya hadapi musim 2023 di belakang kemudi MCL60.

“Bersama kolega kami di Mercedes HPP, kita bisa berbangga dengan kolaborasi kuat ini untuk merealisasikan MCL60 mengerahkan segala kekuatan untuk berada di grid terdepan. Kami sangat bersemangat dan fokus serta berkomitmen membuat perayaan 60 tahun ini semakin spesial,” yakin Andrea Stella.

Desain di bawah kepemimpinan Technical Director James Key dan dibuat oleh tim di Woking, dipandu oleh Operations Director Piers Thyne. (Foto: McLaren Formula 1)

“Tampilan mobil sangat bagus dan semua orang terlibat dalam pengembangannya. Musim ini adalah tahun kelima saya di Formula 1 dan berharap bisa membawa momentum positif di balapan dengan regulasi baru,” ujar Lando Norris.

Lando menegaskan, “Saya sangat menikmati karir baru saya ini bersama tim dan bisa terlibat di perayaan McLaren 60 tahun. Saya akan terus berusaha keras bersama Oscar melalui musim ini dan melihat kesempatan untuk memaksimalkan poin klasemen.” 

“Sangat senang bisa memulai musim bersama tim McLaren dan memulai debut F1 tahun ini. Libur balapan begitu luar biasa, saya lalui dengan berlatih untuk hadapi musim. Waktu yang saya habiskan di fasilitas dan simulator begitu menyenangkan dan produktif, dan semuanya menyambut hangat,” ujar Oscar Piastri.

Berkomentar mengenai MCL60 Oscar mengatakan, “Sangat impresif dan akan menjadi musim yang diingat, tak hanya karena saya menjadi rookie di musim ini tapi juga perayaan tim 60 tahun McLaren Racing.”

Baca juga: Formula 1: Aston Martin Tampil dengan Livery Spesial 110 Tahun

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi