Mobil Listrik Esemka Bima EV, Ini Spesifikasinya!
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 19 Februari 2023 15:22 WIB
Pemesan Esemka harus bersabar inden 3-4 tahun ke depan untuk kepemilikan. (Foto: Tempo/Kusnadi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) memperkenalkan mobil listrik Esemka Bima EV di Indonesia International Motor Show 2023. Namun masih belum diproduksi di Indonesia, merupakan alih brand didatangkan secara CBU asal Cina yakni berbasis Shineray X30LEV.

Merupakan kendaraan komersial untuk membawa 11 penumpang, blind van serta pikap. Presiden Direktur Solo Esemka Eddy Wirajaya mengatakan bahwa, “Esemka Bima EV berbasis dari Shineray. Esemka terbuka untuk semua mitra produsen manapun.”

Esemka memajang kendaraan komersial untuk membawa 11 penumpang, blind van serta pikap. (Foto: Tempo/Kusnadi)

Esemka Bima EV masih sebagai konsep meski harganya sudah dipatok Rp 530 juta untuk versi Blind Van dan Rp 540 juta untuk 11 Penumpang, keduanya on the road DKI Jakarta. Patut bersabar, karena peminat harus menunggu tiga sampai empat tahun. 

Mengulas spesifikasinya, memiliki dimensi panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.990 mm. Tak seperti Shineray X30LEV yang menggunakan pelek alloy, untuk Bima EV ini masih memakai model kaleng ukuran 14 inci dengan profil ban 175/65 R14.

Esemka Bima EV bisa menampung sebelas penumpang. (Foto: Tempo/Kusnadi)

Jarak sumbu roda 2.925 mm terbilang cukup pas untuk menempatkan 11 orang di kabin. Apabila ingin lebih nyaman selama berada di kabin, bisa disajikan untuk 5, 7 atau 9 penumpang saja. Suspensi belakang masih model per daun, sedangkan untuk suspensi depan McPherson Independent.

Tipe motor yang digunakan adalah Permanent Magnet Synchronous Motor dan motor penggeraknya TM 4018. Baterai berkemampuan 49,1 kWh yang digunakan adalah Tenary In-Lithium, merupakan baterai yang bertahan di suhu 250-300 derajat celcius. 

Esemka Bima EV bermain di kendaraan komersial. (Foto: Tempo/Kusnadi)

Diklaim tenaganya mencapai 75 kW atau setara 100,5 hp dan torsinya 165 Nm. Sekali pengisian baterai, Bima EV ini bisa menempuh jarak hingga 300 km. Pengisian cepat 20-80 persen hanya perlukan waktu 1 jam, apabila ingin penuh 100 persen memakan waktu hingga 8 jam.

Teknologi terbaik yang dihadirkan di Bima EV adalah sistem pengereman ABS+EBD, sudah electric power steering sehingga lebih ringan saat bermanuver. Hill Start Assist Control memudahkan pengendara ketika di jalur perbukitan. Panel instrumen dihadirkan sudah digital.

Baca juga: Kata AHY Setelah Mengunjungi Booth Esemka di IIMS 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto. 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi