Kata AHY Setelah Mengunjungi Booth Esemka di IIMS 2023
Reporter: Kusnadi Chahyono
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 18 Februari 2023 18:19 WIB
Agus Harimutri Yudhoyono (AHY) bersama Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya di booth Esemka di IIMS 2023. 18 Februari 2023. TEMPO/Kusnadi Cahyono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 18 Februari 2023. Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono ini kemudian menyambangi ke booth Esemka yang terletak di Hall D. Dia diterima oleh jajaran petinggi Esemka dan juga perwakilan dari Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara pameran IIMS 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat berbincang dengan jurnalis, AHY mengatakan bahwa Esemka menjadi bagian penting bagi kemajuan otomotif Tanah Air. “Konsep mobil listrik bisa juga direalisasikan, karena semakin berkembangnya mobil listrik juga menjadi solusi penting untuk mengurangi emisi karbon, karena kita tahu itu penyebab dari global warming atau climate change. Mudah-mudahan kita bisa lebih menjaga kelestarian bumi kita,” ujar AHY.

Dirinya berpesan kehadiran Esemka tidak perlu dilibatkan dengan urusan politik. “Saya berharap Esemka ini tidak menjadi komoditas politik, karena semangat bagaimana anak-anak bangsa bisa berkarya, berkreasi di beri ruang untuk menghadirkan produk-proiduk yang digunakan dan dibanggakan. Karena kalau bukan kita bangsa Indonesia untuk memberikan kesempatan, siapa lagi," kata dia.

Esemka Bima EV hadir di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Kamis 16 Februari 2023. Baterai ini dapat diisi daya dengan cara quick charge (pengisian daya cepat/DC) atau slow charge (AC/menggunakan listrik rumah). Waktu yang diperlukan untuk mengisi daya baterai adalah 1 jam untuk Quick Charge dan 8 jam untuk Slow Charge. TEMPO/Fardi Bestari

AHY juga tak ingin industri otomotif di Indonesia dikuasai oleh brand asing. “Jangan sampai kita menjadi konsumen otomotif asing, uyang tidak menampik bahwa di pameran besar ini hadir dari berbagai negara, kita juga senang sehingga lebih kompetitif. Setiap produsen setiap perusahaan berusaha menghadirkan produk yang berkualitas dan kompetitif harganya dan itu yang diharapkan konsumen.” 

AHY yang diproyeksikan sebagai Capres-Wapres 2024-2029 berharap hadir produk otomotif nasional karya anak bangsa yang terus disemprurnakan dan bisa ditingkatkan baik itu produktivitasnya maupun kualitasnya. "Itulah harapan kita ke depan. Dengan demikian kita menyambut baik dan semakin sukses ke depan," tutur dia.

Merek lokal Esemka tampil di IIMS 2023 dengan memamerkan dua mobil listrik Bima EV. Produsen yang memiliki pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah, ini juga memamerkan pikap Esemka Bima 1.3 yang sudah dipasarkan sejak 2019.  

Sejarah mobil Esemka sebenarnya bermula saat kepemimpinan Presiden SBY. Prototipe pertama mobil Esemka muncul tahun 2007 lalu. Pada 2009 Presiden SBY telah menandatangani kap mobil (prototipenya) tersebut.

Pilihan Editor: M. Nuh Siapkan Mobil Esemka untuk SBY-Boediono

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi