Honda dan LG Energy Solution Dirikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Amerika
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 1 Maret 2023 16:03 WIB
Honda dan LG Energy Solution melakukan perayaan peletakan batu pertama untuk kesiapan faslitas pembuatan baterai kendaraan listrik seluas 185.806 M2 di Fayette County, dekat Jeffersonville, Ohio, Amerika. (Ilustrasi: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda dan LG Energy Solution melakukan perayaan peletakan batu pertama untuk kesiapan fasilitas pembuatan baterai kendaraan listrik seluas 185.806 M2 di Fayette County, dekat Jeffersonville, Ohio, Amerika. Pelaksanaan dilakukan pada 28 Februari, dengan nilai investasi awal mencapai $3,5 miliar dengan total $4,4 miliar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dipastikan fasilitas ini berdiri kokoh pada penghujung tahun 2024 dan memulai produksi massal pada penghujung tahun 2025. Ketersediaan lapangan pekerjaan mencapai 2.200 karyawan, dengan target kapasitas 40GWh tiap tahunnya. Fasilitas seluas ini diyakini untuk keperluan kendaraan listrik yang dibuat oleh Honda di Amerika Utara.

“Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili dua perusahaan besar, Honda dan LG Energy Solution, keduanya memiliki sejarah kesuksesan yang panjang dan membanggakan. LG Energy Solution adalah produsen baterai terkemuka di dunia dan berinvestasi secara agresif untuk memenuhi permintaan elektrifikasi. Kami sangat antusias untuk memulai kemitraan ini dengan Honda, pemimpin dalam industri otomotif global dengan reputasi kualitas dan kehandalan,” kata Robert H. Lee selaku CEO perusahaan patungan ini.

Baterai mobil listrik Honda terus berkembang. (Foto: Honda)

Lokasi usaha patungan antara Honda dan LGES diumumkan pada 11 Oktober 2022, dan secara resmi didirikan pada 12 Januari 2023. Pabrik tersebut bertujuan untuk memulai produksi massal baterai lithium-ion tipe kantong pada akhir tahun 2025. Akan disediakan secara eksklusif untuk pabrik mobil Honda untuk memproduksi kendaraan listrik yang akan dijual di Amerika Utara.

Honda berencana untuk memulai produksi dan penjualan kendaraan listrik Honda di Amerika Utara pada tahun 2026, berdasarkan Honda e:Architecture terbarunya. Sebagai bagian dari tujuannya untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050, Honda memiliki visi menjadikan baterai listrik dan kendaraan listrik fuel cell mewakili 100% penjualan kendaraannya pada tahun 2040.

Baca juga: Hyundai Ioniq 6 Tunggu Prinsipal untuk Bisa Diproduksi di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi