Charles Leclerc dan Carlos Sainz Masih Utak-atik SF-23 Jelang F1 Bahrain 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 4 Maret 2023 13:24 WIB
Berdasarkan hasil FP2, pembalap dari tim Ferrari sejauh ini yang paling kencang adalah Charles Leclerc di posisi empat bubuhkan waktu 1:31,364 detik. Sementara itu Carlos Sainz berada di posisi 14 pembalap tercepat, torehkan waktu 1:31,956 detik. (Foto: Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Charles Leclerc dan Carlos Sainz masih belum menunjukkan potensi dari SF-23 di sesi latihan hari pertama jelang F1 Bahrain 2023. Berdasarkan hasil FP2, pembalap dari tim Ferrari sejauh ini yang paling kencang adalah Charles Leclerc di posisi empat bubuhkan waktu 1:31,364 detik. Sementara itu Carlos Sainz berada di posisi 14 pembalap tercepat, torehkan waktu 1:31,956 detik. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kedua pembalap Ferrari yakni Charles Leclerc dan Carlos Sainz diakui belum fokus terhadap pertajam catatan waktu, namun masih mengumpulkan data terbaik untuk race configuration. Leclerc berkeliling sebanyak 26 lap, sementara Sainz mencapai 28 putaran di sirkuit sepanjang 4.304 meter. Di balapan nanti, akan mengelilingi 71 kali putaran, total jarak tempuh 305,35 meter.

Hari pertama melewati sesi latihan bebas berjalan lancar. Kita bisa catatkan banyak putaran dan merasa yakin dan nyaman dengan mobil, tentu ini positif,” ujar Leclerc.

“Sejauh ini masih sulit untuk membahas kita berada di antara kompetitor dan sepertinya setiap pembalap punya rencana berbeda-beda, tapi kami fokus pada diri sendiri dan tetap berusaha di arah yang tepat,” yakin pembalap asal Monaco bernomor 16 ini.

Carlos Sainz dan Charles Leclerc di F1 Bahrain 2023. (Foto: Ferrari)

Sementara itu Charles Leclerc mengakui bahwa sesi latihan pertama hari Jumat, 3 Maret, sangat sulit ditebak dan di luar ekspektasi. Keseimbangan mobil sangat berbeda dan dirinya telah melakukan perubahan mobil sepanjang sesi untuk mencoba dan memastikan kemampuannya. 

“Masih latihan hari Jumat dan saya yakin kita bisa menganalisa semuanya secara cepat dan melangkah lebih maju,” jelas pembalap Spanyol bernomor #55 ini.

Saat berlangsungnya FP1  kedua pembalap sama-sama gunakan ban medium, setiap pembalap mencoba spesifikasi sayap belakang berbeda untuk membandingkan sesuai kebutuhan. Setelah beberapa putaran, Charles menggunakan sayap yang sama dengan Carlos serta gunakan ban baru kompon medium.

Sayangnya, Charles melintir dan harus mengganti dengan ban baru lagi. Keduanya juga sekaligus menerapkan kompon medium dengan bahan bakar penuh selama 17 lap untuk Leclerc dan 21 lap dilakukan Sainz.

Ban kompon lunak akhirnya dipakai keduanya saat FP2, dengan simulasi kondisi seperti kualifikasi. Tak banyak dilakukan oleh keduanya untuk pertajam waktu, namun lebih memilih untuk menghabiskan sesi latihan dengan konfigurasi balapan. Menghadapi sesi kualifikasi Formula 1, tim akan mempersiapkan SF-23 untuk keduanya saat sesi latihan jam 14.30 waktu setempat, Sabtu 4 Maret.

Pilihan Editor: Brembo Tingkatkan Pengereman Formula 1 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi