Brembo Tingkatkan Pengereman Formula 1 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 2 Maret 2023 06:00 WIB
Ketebalan Brembo cakram karbon 32 mm dengan lubang mencapai 1.000-1.100 lubang di depan, sedangkan 900 lubang untuk cakram belakang. (Foto: Brembo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBrembo mengkonfirmasi bahwa untuk musim Formula 1 2023 masih tetap menjadi kepercayaan seluruh tim untuk sistem pengereman mobil. Akhir pekan ini. 3-5 Maret akan dimulai seri pembuka musim di sirkuit Bahrain, Sakhir.

Sistem pengereman Brembo untuk Formula 1 2023 terus berevolusi. Bila melihat dua dekade lalu, cakram karbon Brembo diperkenalkan dengan ketebalan hanya 28 mm dan ada 72 lubang berukuran 10 mm.

Saat ini cakram sudah berukuran 328 mm, lebih besar dari musim lalu yang hanya 278 mm di bagian depan. Kemudian untuk cakram belakang dari sebelumnya 266 mm menjadi 280 mm. Ketebalan cakram karbon 32 mm dengan lubang mencapai 1.000-1.100 lubang di depan, sedangkan 900 lubang untuk cakram belakang. Hal ini untuk meningkatkan pendinginan.

Perihal bobotnya, total bobot cakram karbon ini menjadi lebih ringan 300-350 gram berbanding musim F1 2022. Bobot mobil juga tetap tak berubah untuk musim Formula 1 2023, mencapai 798 kg.

Saat ini cakram Brembo sudah berukuran 328 mm, lebih besar dari musim lalu yang hana 278 mm di bagian depan. Kemudian untuk cakram belakang dari sebelumnya 266 mm menjadi 280 mm. (Foto: Brembo)

Para ahli di Brembo telah bekerja keras untuk mengoptimalkan desain dengan penggunaan komponen berbeda, kaliper, dan karbon di beberapa bagian, dengan tetap mempertimbangkan geometri lebih ekstrim. Semakin ringan bobot rem ternyata meningkatkan keseimbangan leboh baik.

Penggunaan cakram karbon terbaru Brembo yang diameternya lebih besar, diklaim mampu suguhkan torsi pengereman lebih kuat hingga 5 persen, berbanding versi 2022.

10 tim yang turun di Formula 1 akan menggunakan sistem perangkat pengereman dari pengembangan Brembo dan AP Racing. Sembilan di antaranya akan menggunakan rem Brembo dan satu tim menggunakan AP Racing.

20 pembalap yang ikutan musim ini akan menggunakan nickel-plated dan machined dari kaliper enam piston berbahan billet. Lima tim akan menggunakan sistem rem mobil by-wire yang dikembangkan bersama oleh Brembo dan AP Racing untuk mengoperasikan rem belakang. Namun tetap memberikan keseimbangan pengereman antara depan dan belakang.

Brembo untuk Formula 1 selama 20 tahun digunakan. (Ilustrasi: Brembo)

Seluruh tim yang menggunakan perangkat rem Brembo bisa melakukan perubahan, telemetry, hingga perawatan. Tim bisa memesan sesuai regulasi, semakin tips tentunya kaliper kurang rigid, bila ingin lebih kaku akan membuat kaliper lebih berat.

Brembo akan menggunakan sensor rem mobil di sudut roda untuk mengetahui temperatur cakram dan kaliper sepanjang waktu. Berdasar data yang diperoleh, tim bisa memberikan pilihan kepada masyarakat untuk keseimbangan antara temperatur ban dan pengereman.

Logo baru Brembo juga akan tampil di Formula 1 2023, mampu menggambarkan perjalanan, pengalaman dan evolusi dari karakter dan nilai-nilai.

Baca juga: MINI Cooper SE Convertible Diproduksi Terbatas 999 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi