Pemilik Mobil Audi Bisa Tambah Fitur Aplikasi
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 14 Maret 2023 13:36 WIB
Store untuk aplikasi akan tersedia mulai Juni pada model tertentu yang dilengkapi dengan kluster perangkat lunak MIB 3 terbaru, khususnya Audi A3, A4/A5, Q5, A6/A7, A8, Q8 e-tron, dan Audi e-tron GT. (Foto: Audi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAudi memperkenankan menambah store aplikasi ke model tertentu dengan toolkit infotainment modular generasi ketiga (MIB 3). Melalui penyematan store, yang dikembangkan bersama dengan anak perusahaan Volkswagen, CARIAD, pelanggan dapat secara langsung dan intuitif mengakses aplikasi pihak ketiga yang populer melalui Multimedia Interface (MMI) melalui tautan data di dalam kendaraan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diyakini aplikasi yang dipilih oleh pelanggan dapat diinstal di sistem MMI  – tanpa perlu repot melalui smartphone. Mengimbangi digitalisasi kendaraan yang semakin besar, Audi mengintegrasikan store asli untuk aplikasi ke dalam model tertentu. Dasar teknis untuk inovasi ini adalah perluasan MIB 3 dengan komponen elektronik tambahan: modul perangkat keras Audi seukuran flash drive USB diisi dengan open-source operating dan dengan demikian memungkinkan akses ke aplikasi pihak ketiga di dalam kendaraan.

“Audi adalah merek pertama dalam Grup Volkswagen yang memperkenalkan store baru untuk aplikasi pihak ketiga. Dikembangkan oleh CARIAD, solusi yang dapat diskalakan ini merupakan bukti bagi strategi kami untuk menawarkan ekosistem yang sangat menarik bagi pelanggan kami. Dengan solusi ini, pengemudi Audi tidak hanya akan menikmati pembaruan peranti lunak biasa, tetapi juga sistem infotainment yang lebih personal,” kata Oliver Hoffmann, CTO Audi.

Melalui penyematan store, yang dikembangkan bersama dengan anak perusahaan Volkswagen, CARIAD, pelanggan dapat secara langsung dan intuitif mengakses aplikasi pihak ketiga yang populer melalui Multimedia Interface (MMI) melalui tautan data di dalam kendaraan. (Foto: Audi)

Adanya store baru ini, pelanggan mendapatkan akses ke berbagai macam aplikasi, yang dapat diunduh secara langsung dan mandiri dari smartphone ke MMI. 

Saat peluncuran, aplikasi dari kategori berikut tersedia: Music, Video, Gaming, Navigation, Parking & Charging, Productivity, Weather, dan News. Sebagai contoh untuk aplikasi Music, misalnya, menyertakan aplikasi seperti Amazon Music dan Spotify. 

Store akan terus berkembang dengan aplikasi baru yang ditambahkan setiap saat. Pelanggan dapat mengaksesnya melalui MMI terpisah. Setelah itu, aplikasi tambahan diimplementasikan dengan lancar di MMI dan dapat digunakan dengan aman dan andal bahkan saat mengemudi. Portofolio aplikasi disesuaikan secara khusus untuk berbagai pasar.

Berbicara tentang aplikasi pihak ketiga yang terintegrasi: Sejak 2019, kendaraan Audi telah menawarkan Alexa Built-in dari Amazon—pengalaman AI suara terintegrasi yang memudahkan untuk mendengarkan musik, mengelola perangkat Smart Home, menambahkan item ke daftar belanja saat on the go, dan banyak lagi. 

Mulai musim panas ini, pelanggan Audi akan memiliki akses ke versi aplikasi terbaru Amazon Alexa yang mencakup layanan baru dan fitur tambahan seperti graphic interface yang disempurnakan, dan panel kontrol visual untuk mengelola perangkat smart home.

Store untuk aplikasi akan tersedia mulai Juni pada model tertentu yang dilengkapi dengan kluster perangkat lunak MIB 3 terbaru, khususnya Audi A3, A4/A5, Q5, A6/A7, A8, Q8 e-tron, dan Audi e-tron GT

Model Audi tersebut akan dilengkapi dengan store dari pabrik di seluruh pasar Eropa serta Kanada dan Amerika Serikat. Fungsionalitas akan diperluas ke model tambahan pada tahun 2023. Sayangnya aplikasi pihak ketiga tidak tersedia di kendaraan dengan produksi yang lebih awal.

Pilihan Editor: Kabar Xpander Hybrid Masuk Indonesia, Mitsubishi Beri Penjelasan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi