Ferrari Roma Spider Sajikan Adrenalin Berbeda
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 17 Maret 2023 08:00 WIB
Ferrari Roma Spider Dikemas sebagai supercar 2+ spider menggoda dengan soft top yang inovatif. (Foto: Ferrari)

GOOTO.COM, JakartaFerrari Roma Spider diperkenalkan kepada global di Maroko, Kamis malam 16 Maret. Dikemas sebagai supercar 2+ spider menggoda dengan soft top yang inovatif. Mesin V8 disokong turbo ganda yang juga ditawarkan di Ferrari Roma sehingga menyajikan adrenalin berbeda mendengar suara teriakan knalpot saat atap terbuka.

Perihal keunggulan atapnya, bisa terbuka dalam waktu 13,5 detik dan kecepatan Ferrari Roma Spider di bawah 60 kpj. Diklaim menggunakan bahan fabric khusus dengan berbagai pilihan, yang tetap memberikan kesenyapan setara atap lipat hard top. Meski adanya atap lipat, Ferrari menjamin penumpang tetap tak kurang sedikitpun kenyamanannya.

Bobot Ferrari Roma Spider lebih berat 84 kg dengan total bobot 1.556 kg. Tangki bahan bakarnya mencapai 80 liter. ban depan gunakan profil 245/35 ZR 20 dan belakang 285/35 ZR 20. (Foto: Ferrari)

Ferrari Roma Spider menggunakan mesin yang diinstalasi di bagian depan, seperti mengembalikan kejayaan Ferrari 54 tahun lalu ketika memperkenalkan pertama kali 365 GTS4 tahun 1969 bermesin depan. Selain itu ada California tahun 2009, GTC4Lusso T tahun 2017, Portofino tahun 2018.

Mesin V8 bertenaga 620 hp ini tak diragukan lagi, diambil dari keluarga Ferrari yang telah memenangkan International Engine of the Year selama empat tahun berturut-turut.

Ketika berada di kokpit, penumpang ada pilihan untuk berbagi informasi tentang informasi berkendara melalui layar 8,4 inci yang memang disajikan seperti dual-cockpit dengan model floating. (Foto: Ferrari)

Mengulas performa mesin yang tepatnya berkapasitas 3.855 cc ini mampu kerahkan tenaga 620 hp pada 7.500 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 760 Nm pada 3.000-5.750 rpm. Pengembangan terbaru di mesin adalah pompa oli mempersingkat waktu ketika start dingin hingga 70 persen, memungkinkan aliran pelumas lebih cepat ketika putaran menengah.

Mesin ini dilengkapi transmisi 8 percepatan DCT, diklaim masih tak tertandingi perpindahan percepatannya namun tetap memberikan kenyamanan dan kesenangan mengeksplorasi performanya. Module kopling lebih ringkas 20 persen berbanding versi 7 percepatan, tapi tendangan torsinya bisa lebih kuat 35 persen.

Ferrari Roma Spider bukanlah mobil yang menakutkan dibawa keliling kota atau ketika diajak perjalanan jauh, Ferrari sudah memastikan tetap memberikan kenyamanan terbaik, didukung oleh bagasi lapang 255 liter. (Foto: Ferrari)

Kecepatan mobil ini diklaim bisa tembus 320 kpj, akselerasi 0-100 kpj hanya perlu waktu 3,4 detik, sementara 0-200 kpj bukukan 9,7 detik. Pengereman 100-0 kpj hanya perlu jarak 32 meter. Sedangkan pengereman 200-0 kpj butuhkan jarak 130 meter.

Ferrari Roma Spider bukanlah mobil yang menakutkan dibawa keliling kota atau ketika diajak perjalanan jauh, Ferrari sudah memastikan tetap memberikan kenyamanan terbaik, didukung oleh bagasi lapang 255 liter hingga konektivitas wireless untuk Android Auto dan Apple CarPlay Wi-Fi. Jok ergonomis yang dapat diubah 18-way bisa dihangatkan dan ada pilihan pemanas leher.

Perihal keunggulan atapnya, bisa terbuka dalam waktu 13,5 detik dan kecepatan Ferrari Roma Spider di bawah 60 kpj. Diklaim menggunakan bahan fabric khusus dengan berbagai pilihan, yang tetap memberikan kesenyapan setara atap lipat hard top. (Foto: Ferrari)

Desain Ferrari Roma Spider dilakukan di Ferrari Styling Centre dikepalai oleh Flavio Manzoni. Mendesain ulang mobil bergaya coupe ini di bagian tarikan garis atap fastback untuk kaca belakangnya agar bisa dioperasikan bersama soft top-nya.

Ketika berada di kokpit, penumpang ada pilihan untuk berbagi informasi tentang informasi berkendara melalui layar 8,4 inci yang memang disajikan seperti dual-cockpit dengan model floating. Lingkar kemudi berteknologi HMI dipasangkan untuk memudahkan pengendara mengoperasikan fungsi Ferrari Roma Spider cukup melalui sentuhan jari melalui track pad di sebelah kanan. Tombol Engine Start diberi warna merah.

Mendesain ulang mobil bergaya coupe ini di bagian tarikan garis atap fastback untuk kaca belakangnya agar bisa dioperasikan bersama soft top-nya. (Foto: Ferrari)

Bobot Ferrari Roma Spider lebih berat 84 kg dengan total bobot 1.556 kg. Tangki bahan bakarnya mencapai 80 liter untuk memenuhi kebutuhan mesin V8. Ban depan gunakan profil 245/35 ZR 20 dan belakang 285/35 ZR 20.

Pilihan Editor: Wajah Baru Ferrari Roma Hasil Modifikasi Mansory

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Ferrari Roma Spider
#Ferrari
#V8
#Supercar
#Ferrari Styling Centre

 


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi