Ferrari Roma Spider Menggoda Penggemar Supercar Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 6 Desember 2023 06:55 WIB
Ferrari Roma Spider hadirkan kenangan soft top sejak tahun 1969. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFerrari Roma Spider menghidupkan kembali kenangan tahun 1950-an dengan atap terbuka menikmati embusan angin dan paparan hangat matahari pada musim panas. Tapi kali ini pengendara dan penumpang akan turut mendengarkan keseruan mesin V8 serta dengan konfigurasi tempat duduk +2 yang dihadirkan dari Ferrari Roma.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Impresi ketika berada di kabin saat membuka atap berbahan fabric selama 13,5 detik. Diklaim dapat dioperasikan saat kecepatan 60 km/jam. Cahaya yang masuk langsung ke ruang kokpit seakan memamerkan rona merah yang mendominasi interior di dasbor, doortrim, hingga jok.

Suguhan baru dari Maranello yang dibangkitkan dari Ferrari Roma Spider merupakan Soft-top bermesin depan yang terakhir pernah dihadirkan di Ferrari 365 GTS/4 tahun 1969.

Perihal dapur pacu V8 yang dihadirkan merupakan penerima 4 kali anugerah International Engine of The Year. Di atas kertas mesin turbo ganda berkapasitas silinder 3.855 cc tersebut tenaganya mencapai 612 hp pada 7.500 rpm dan torsi 760 Nm pada 3.000-5.750 rpm. Transmisi DCT 8 percepatan memiliki respons terbaik untuk menyalurkan tenaga ke roda.

Ferrari Roma Spider hadir di Indonesia masih setir kiri. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Para desainer berusaha keras untuk mendesain ulang garis atap coupe yang meruncing di Ferrari Roma Spider. Hal ini untuk mengupayakan soft top dapat terlipat sempurna ke dalam bagasi. Terdapat spoiler khusus bermaterial serat karbon yang terhubung dengan bangku belakang dan sandaran kepala.

Ferrari Roma Spider yang didatangkan oleh PT Eurokars Prima Utama selaku Agen Pemegang Merek Ferrari di Indonesia mengatakan bahwa mobil yang didatangkan ini adalah khusus untuk pameran. Masih menggunakan kemudi di sebelah kiri dan pastinya belum dimiliki oleh perseorangan.

Nini Chiandra selaku General Manager saat berbincang dengan Tempo mengatakan, “Ferrari Roma Spider ini didatangkan khusus dari Italia dan memang untuk peluncuran khusus bersama konsumen.”

Kembali membahas Ferrari Roma Spider, para desainer berusaha memaksimalkan kenyamanan ketika berkendara dengan atap terbuka. Aliran udara dibuat lembut saat terjadi turbulensi di ruang penumpang dan pengendara. Para ahli di Ferrari menghabiskan banyak waktu di pengujian terowongan angin untuk mengoptimalkan penghalang angin ini.

Ferrari Roma Spider telah gunakan fitur SSC (Side Slip Angle Control) yang memungkinkan mobil mudah dikendalikan meski diajak membelok tajam ditambah Ferrari Dynamic Enhancer (FDE). Fitur ini hanya aktif ketika pengendara memilih model ‘Race’ di tombol Manettino.

Hilangnya kekokohan bagian atap Ferrari Roma Spider akibat menggunakan soft top, telah dibuatkan struktur bodi yang mampu melindungi dengan baik pengendara dan penumpang. Hal ini membuat bobot bertambah 84 kg. Meskipun begitu, Ferrari Roma Spider masih mendapatkan keuntungan dari pengendalian dan performa yang sama baiknya dengan Ferrari Roma.

Sistem lipat atap dengan model ‘Z’ menjadikan ruang bagasi masih tetap mengakomodir muat barang. Apalagi tinggi atap hanya 220 mm menjadi yang terendah di kelasnya sehingga bagasi masih menyediakan 255 liter.

Ferrari Roma Spider sudah buka pesanan untuk konsumen Indonesia. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)

Standar kualitas yang tiada bandingnya dari Ferrari dan komitmen pada peningkatan fokus layanan pelanggan tercermin dalam program pemeliharaan tujuh tahun yang ditawarkan untuk Ferrari Roma Spider. Program ini berlaku bagi seluruh jajaran Ferrari, mencakup perawatan rutin mobil selama tujuh tahun pertama atau hingga 120,000 km. Perawatan rutin ini merupakan layanan eksklusif bagi pelanggan untuk memastikan mobil mereka selalu berada dalam performa dan tingkat keselamatan terbaik selama bertahun-tahun. Layanan istimewa ini juga berlaku bagi pelanggan yang membeli mobil Ferrari pre-owned.

Beberapa keunggulan dari program Genuine Maintenance adalah jaminan perawatan rutin (interval 20.000 km atau setahun sekali tanpa batasan jarak tempuh), penggantian suku cadang asli, serta pemeriksaan secara cermat yang didukung alat diagnostik paling modern dan dilakukan oleh staf mekanik terlatih dari Pusat Pelatihan Ferrari di Maranello. Layanan ini tersedia di seluruh penjuru dunia dan dari semua dealer yang termasuk dalam Jaringan Dealer Resmi.

Program Genuine Maintenance yang ditawarkan oleh Ferrari terus memperluas jangkauan layanan purna jualnya untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan yang ingin mempertahankan performa dan keunggulan mobilnya sebagai sebuah signature dari semua mobil yang diproduksi oleh Maranello.

Pilihan Editor: Ferrari SP-8 Gunakan Mesin V8 dari Basis F8 Spider

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi