Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2023: Raih Pole Position, Marc Marquez Akui Lancang Ikuti Bastianini
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 26 Maret 2023 04:42 WIB
Marc Marquez di sesi latihan MotoGP Portugal 2023. (Foto: HRC)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi Q2 MotoGP Portugal 2023, Sabtu 25 Maret. Atas raihan ini dirinya berhak start terdepan alias pole position di Sprint Race yang digelar petang hari waktu setempat.

Adapun Marc Marquez, Francesco Bagnaia, Jorge Martin, Miguel Oliveira dan Jack Miller saling pecahkan rekor waktu, namun Marquez berhasil pertajam waktu di sesi akhir Q2 mendapat bantuan towing dari Enea Bastianini (Ducati Lenovo). Rekor baru untuk sirkuit Portimao ini adalah 1:37,226 detik.

Jorge Martin (Pramac Ducati Racing) sebagai pembalap tercepat ketiga mengatakan, “Catatan waktunya cukup memuaskan dan senang bisa berada di baris terdepan untuk start balapan. Meski banyak bendera kuning berkibar, tapi saya bisa membuat catatan waktu bagus meski sempat lakukan kesalahan, sehingga kehilangan pole position.” 

“Setidaknya senang bisa di posisi ini, akan menantang balapan petang ini (Sprint Race), saya merasa kuat dan perlu pilihan ban yang tepat untuk balapan, berharap bisa berada di depan,” ujar Jorge Martin.

Sementara itu Francesco Bagnaia berada di posisi dua tercepat di catatan waktu mengatakan, “Sempat senang dengan lap pertama dan putaran kedua juga semakin bagus. Tapi banyak pembalap pelan di jalur saya kehilangan kesempatan pertajam waktu. harus puas dengan posisi ini, sepertinya kita kompetitif di balapan petang ini (Sprint Race).

Marc Marquez mengakui sangat kaget bisa bukukan waktu tercepat di sirkuit Portimao ini. “Situasi latihan hari kemarin banyak kendala, tapi sekarang bisa lebih baik. Saya bisa meningkatkan kemampuan diri dan tim juga bisa melakukan penyempurnaan hingga detail.”

“Motor jadi lebih kencang dan mudah dikendarai dan sendiri bisa konsisten. Namun dirinya mengakui catatan waktu yang diraih memang tak sopan dengan mengikuti pembalap lain raih catatan waktu. Tapi itu adalah kesempatan terbaik yang bisa saya dapatkan dan gunakan sebaik mungkin, tidak mudah mengikuti pembalap lain,” jelas Marquez.

Dirinya menambahkan, “Sejauh ini saya memang ingin berada di depan, balapan nanti kita akan berada di pole position Sprint Race ini dan balapan esok hari. Tentu ini sangat penting, kita lihat di mana posisi balapan nanti. Kita lihat di balapan nanti pasti akan sulit karena catatan waktunya sangat dekat dan kencang. Tapi kita berada di baris terdepan dan itu menjadi keuntungan di balapan nanti.”

Pilihan Editor: Jelang MotoGP Portugal 2023: Pembalap Repsol Honda Masih Penasaran Oprek RC213V

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi