Lamborghini Revuelto Hybrid Suguhkan Daya 1.015 HP
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 30 Maret 2023 10:12 WIB
Kemampuan melesat Lamborghini Revuelto ini menjadi yang tertinggi di segmennya. Akselerasi 0-100 kpj hanya perlukan waktu 2,5 detik. Akselerasi 0-200 kpj catatkan 7 detik, perihal kecepatan tertingginya 350 kpj. (Foto: Lamborghini)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Lamborghini Revuelto menandai 60 tahun perayaan perusahaan supercar asal Italia, Automobili Lamborghini. Diyakini sebagai High Performance Electrified Vehicle (HPEV) pertama yang dibuat oleh manufaktur berlambang banteng ini yang standarnya memiliki tenaga hingga 1.015 hp.

Adapun Lamborghini Revuelto menggunakan rancang bangun terbaru, desain inovatif, efisiensi aerodinamika, dan konsep frame karbon. Dikemas dengan dimensi panjang 4.947 mm, lebar 2.033 mm, dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumburoda 2.779 mm.

Lamborghini Revuelto gunakan mesin V12, didukung 3 motor listrik. (Foto: Lamborghini)

Perihal performa yang mampu sajikan 1.015 hp merupakan perpaduan dari mesin V12 dan tiga buah motor listrik dan ditransfer melalui transmisi double-clutch. Bobot mesin hanya 128 kg, 17 kg lebih ringan dari Aventador

Mesin bakarnya sendiri memiliki tenaga 825 hp pada 9.250 rpm dan torsinya 725 Nm pada 6.750 rpm. Melakukan sinergi dengan dua unit axial flux motor di bagian depan, serta radial flux motor diposisikan di antara transmisi delapan percepatan yang menjadi debut pertamanya di mesin V12 berkapasitas 6.498,5 cc.

Lamborghini Revuelto, dikemas dengan dimensi panjang 4.947 mm, lebar 2.033 mm, dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumburoda 2.779 mm. (Foto: Lamborghini)

Tiga motor listrik Lamborghini Revuelto ditenagai oleh baterai lithium-ion. Hypercar ini juga bisa melaju senyap gunakan mode penggerak elektrik. Dimensi baterai diakui ringkas dan kuat. Memiliki panjang 1.550 mm, tinggi 301 mm, dan lebar 240 mm. Setiap kantong memiliki kapasitas 3,8 kWh.

“Revuelto merupakan tonggak sejarah bagi Lamborghini, dan pilar penting di Direzione Cor Tauri strategi elektrifikasi,” ujar Stephan Winkelmann, Lamborghini Chairman and CEO.

“V12 merupakan simbol ikonik sebagai salah satu sejarah dan warisan super sports kami. Lamborghini Revuelto ini menjadi pendobrak, kombinasi mesin V12 dengan teknologi hybrid, menjadikan keseimbangan sempurna antara sajikan emosi yang diinginkan konsumen sekaligus menekan kadar emisi,” tambah Stephan.

Lamborghini Revuelto memiliki lampu matrix yang bisa berpendar hingga sejauh 400 meter. (Foto: Lamborghini)

Kemampuan melesat Lamborghini Revuelto ini menjadi yang tertinggi di segmennya. Akselerasi 0-100 kpj hanya perlukan waktu 2,5 detik. Akselerasi 0-200 kpj catatkan 7 detik, perihal kecepatan tertingginya 350 kpj.

Energi yang dilepas ke roda tak akan sia-sia, sebab sudah terapkan teknologi torque vectoring, kemampuan gerak empat roda dan juga mode penggerak motor listrik. Menjadikan Lamborghini Revuelto bisa diekspresikan sesuai dengan kondisi jalan raya atau lintasan balap.

Cakram besar CCB Plus (Carbon Ceramic Brakes Plus) menjadi teknologi di pengereman. Kaliper depan sematkan sepuluh piston memakai piringan rem selebar 410x38 mm. Cakram belakang berukuran 390x32 mm dikawal empat piston kaliper.

Bridgestone Potenza Sport menjadi ban andalan di Lamborghini Revuelto. 256/35 ZRF20 di depan dan 345/30 ZRF21 di bagian belakang. Ada juga pilihan 265/30 ZRF21 di depan dan 355/25 ZRF22 untuk ban belakang. Bagi yang ingin khusus digunakan kala salju turun, ada pilihan ban Bridgestone Blizzak LM005.

Lamborghini Revuelto gunakan tiga layar terpisah di dasbor. (Foto: Lamborghini)

Di bagian dalam, terdapat layar yang bisa dipantau pengendara dan penumpang, layar digital berukuran 12,3 inci. Sedangkan di dasbor depan kursi penumpang ada layar 9,1 inci. Layar tengah dasbor dihadirkan ukuran 8,4 inci. Kedua layar di Revuelto ini juga memungkinkan untuk fungsi “swipe”, memungkinkan pengendara dan penumpang memindahkan aplikasi dan informasi dari layar tengah ke layar samping dengan intuitif sama, disentuh seperti smartphone.

Lingkar kemudi terinspirasi dari dunia balap dan pengalaman dari Essenza SCV12. Empat rotor ditempatkan di bilah kemudi untuk memilih mode berkendara dan sistem car lifting serta wing tilt. Beberapa tombol untuk mengaktifkan berbelok serta launch control. Memastikan pengendara benar-benar bisa mengendalikan berlimpahnya tenaga ke roda.

Sebagai gambaran, bahwa kenyamanan pengendara dan penumpang dihadirkan saat berada di kabin. Tinggi plafon ada tambahan 26 mm berbanding ruang kepala Aventador Ultimae, ruang kaki juga lebih lega 84 mm. Adanya tambahan ruang ini menjadikan ruang bagasi bisa menyimpan golf bag ukuran besar.

Lamborghini Revuelto juga disajikan teknologi keselamatan Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk kali pertama. Menggunakan sistem kamera, radar, dan sensor. Paket termasuk Active Lane Departure Warning (ALDW), Lane Change Warning (LCW), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Hal yang paling menantang sebelum memiliki Lamborghini Revuelto adalah personalisasi. Pemesan bisa terlebih dahulu memilih komponen pemanis. Sebagai pilihan pertama adalah warna yang mencapai 400 pilihan.

Pilihan Editor: Lamborghini Huracan PHEV Bakal Rilis Tahun Depan, Ini Bocoran Spesifikasinya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi