Drama Red Flag, Max Verstappen Menangi Formula 1 GP Australia
Reporter: Kusnadi Chahyono
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 2 April 2023 15:41 WIB
Pembalap Red Bull, Max Verstappen memenangi F1 Australia di Melbourne Grand Prix Circuit, 2 April 2023. REUTERS/Darrian Traynor
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen (Red Bull Racing) berhasil mempertahankan posisi dari pole position hingga finis memenangkan balap Formula 1 Grand Prix Australia, Minggu, 2 April 2023. Podium kedua ditempati Lewis Hamilton (Mercedes). Sedangkan podium ketiga adalah Fernando Alonso (Aston Martin). 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Balapan kali ini berlangsung penuh drama. Setidaknya ada tiga kali kibasan red flag di lintasan, pada lap 9 akibat Alex Albon (Williams) menghantam pembatas saat lap 7. Virtual safety car keluar di lap 18 akibat mesin Mercedes-Benz W14 George Russell mengeluarkan api. Lap 54 keluar Safety Car akibat Kevin Magnussen (Haas) mengalami rusak ban kanan belakang. Hal ini memicu kembali dikibaskan red flag untuk membersihkan lintasan di lap 55.

Persaingan kian ketat di balapan yang menyisakan 3 lap lagi. Membuat dikibaskannya lagi red flag di lap akhir. Sehingga diputuskan urutan pembalap di lap tetakhir.

"Sedikit berantakan tapi kami bisa melewatinya. Kami bisa menang dan tentu saja menjadi hal paling penting!" ujar Verstappen usai selesaikan 58 lap di sirkuit Albert Park.

Sementara itu Hamilton membuat kejutan dengan finis kedua. Pembalap Inggris ini sebelumnya tampil impresif dengan menempatkan Mercedesnya kembali kompetitif di sesi kualifikasi.

"Saya tak menduga akan bisa finis kedua, saya merasa beruntung sekali. Bagi kami, bisa bersaing dengam Aston Martin sangat luar biasa sejauh ini lalui musim," kata Hamilton.

Adapun Fernando Alonso (Aston Martin Aramco) selama tiga balapan terakhir selalu konsisten finis di posisi tiga. Tapi kali ini tak ada drama perebutan trofi seperti yang terjadi di seri Arab Saudi.

"Emosi naik turun seperti rollercoaster. Lewis bisa lakukan pekerjaan bagus hari ini, sangat sulit untuk mengimbanginya. Tapi kita bisa raih posisi 3," ujar Alonso.

Hasil lengkap balap Formula 1 GP Australia: 

1. Max Verstappen (Red Bull Racing)2. Lewis Hamilton (Mecedes)3. Fernando Alonso (Aston Martin)4. Lance Stroll (Aston Martin)5. Sergio Perez (Red Bull Racing)6. Lando Norris (McLaren)7. Nico Hulkenberg (Haas)8. Oscar Piastri (McLaren)9. Zhou Guanyu (Alfa Romeo)10. Yuki Tsunoda (AlphaTauri)11. Valtteri Bottas (Alfa Romeo)12. Carlos Sainz (Ferrari)13. Pierre Gasly (Alpine)-DNF14. Esteban Ocon (Alpine)-DNF15. Nyck de Vries (Williams)-DNF16. Logan Sargeant (Williams)-DNF17. Kevin Magnussen (Haas)-DNF18. George Russell (Mercedes)-DNF19. Alexander Albon (Willims)-DNF20. Charles Leclerc (Ferrari)-DNF

Pilihan EditorFormula 1 GP Australia Kembali Dihentikan Sementara karena Kecelakaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi