BMW iFace, Kunci Motor Pindai Retina
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 4 April 2023 13:37 WIB
Teknologi keyless BMW iFace, memindai wajah dan retina mata. Sekaligus melaporkan bila ada yang nekat mencuri motor, otomatis merekam wajah dan retina pencuri. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTeknologi kunci fisik sepertinya sudah mulai ditinggalkan oleh BMW Motorrad. Sebab, manufaktur asal Munich ini mengabarkan siap meluncurkan kunci yang langsung memindai wajah pemilik motor, BMW iFace. Sehingga meminimalisir terjadinya pencurian kendaraan bermotor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

BMW iFace ini dikembangkan bersama Professor Dr. Dr. Gerhard Lesjöh, merupakan kepala bidang penelitian ophthalmology di Universitas di Munich. Sistem ini akan mengenali langsung wajah pengendara motor sekaligus memindai mata retina mata untuk mengidentifikasi pengguna motor lain.

Adanya BMW iFace ini menjadikan teknologi Keyless Go semakin terwujud, sehingga pemilik kendaraan tak perlu kerepotan mencari kunci motor. Pemindai akan ditempatkan di layar instrumen BMW Motorrad TFT yang tak kelihatan dari luar.

Pengendara cukup menempatkan wajah di depan panel instrumen, secara tiga dimensi akan memindai bentuk dimensi wajah dan biometrinya. Terlebih dahulu jelang serah terima motor, pemilik akan diminta untuk pengenalan wajah dan retina. Bila kalibrasi positif, secara otomatis akan mengaktifkan pengapian, kunci kemudi dan pengendara bisa menyalakan motornya.

Tak perlu takut bila motor berada di parkiran gelap, berkat adanya infrared scanning, pemindai wajah ini bisa berfungsi saat minim cahaya. Ketika terburu-buru tanpa perlu membuka helm, selama visor helm tak menghalangi mata, retina akan dipindai untuk memastikan pemilik yang mengendarainya.

Apabila ada kemungkinan motor akan dicuri, BMW iFace akan berkomunikasi dengan layanan pusat elektronik darurat eCall. Tak hanya BMW Motorrad Call Centre yang menerima pesan akan kehadiran pencuri melalui kode khusus, tapi scan data (wajah dan mata) akan dikirimkan secara paralel ke pusat data base internasional yakni pihak Kepolisian.

Bila data pencuri cocok, pencarian akan pencurian akan lebih mudah. Apabila tak ada data yang tersedia, scan data tersebut dapat dipakai untuk pengolahan kasus berikutnya.

BMW iFace akan diperkenalkan kepada publik pada pameran dalam waktu dekat tahun 2023 dan juga akan dipakai di BMW Motorrad Boxer.

Pilhan Editor: Harley-Davidson Hadirkan Mesin Besar untuk Model Touring

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi