Periklindo Electric Vehicle Show 2023 akan Fokus ke B2G
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 8 April 2023 15:26 WIB
Pengunjung tampak sedang melakukan test drive mobil listrik DFSK Gelora E di pamaeran kendaraan listrik PEVS, 25 Juli 2022, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. TEMPO/Dicky Kurniawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPeriklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 sedianya digelar pada 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Mengusung program berbeda meski tetap memberikan hiburan kepada pengunjung umum, namun lebih fokus pada Business to Government (B2G). 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melalui B2G ini, Periklindo bersama Dyandra Promosindo selaku penyelenggara, akan mempertemukan pelaku bisnis kendaraan listrik dengan pemerintah untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan kendaraan listrik dalam berbagai kegiatan operasionalnya. 

Seperti yang diinstruksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dalam INPRES no.7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Di sini lah Periklindo hadir untuk menjembatani kebutuhan pemerintah, masyarakat, hingga pelaku bisnis dalam memenuhi kebutuhan kendaraan listrik.

“Melalui kesempatan ini saya ingin menggaungkan bahwa banyak peraturan pemerintah yang telah dikeluarkan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Ada PERPRES, INPRES dan yang terakhir Permenkeu. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah memiliki semangat yang sangat kuat untuk memajukan industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Moeldoko, Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Staf Kepresidenan RI melalui siaran pers, (6/4).

Dirinya memastikan bahwa dukungan pemerintah untuk memajukan kendaraan listrik ini juga sebagai bentuk pemenuhan tanggung jawab pemerintah kepada rakyat Indonesia agar negara dan bangsa Indonesia semakin sehat dengan udara yang bersih sehingga dapat meningkatkan usia harapan hidup yang lebih panjang lagi. 

‘Terakhir kami berharap agar insentif kendaraan listrik dari Pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.” jelas Moeldoko yang siap sukseskan Periklindo Electric Vehicle Show.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, mengatakan, “Tahun ini merupakan penyelenggaraan PEVS yang kedua, setelah berhasil menyelenggarakan PEVS pada tahun lalu. Ada beberapa hal yang perlu dicatat kenapa kami antusias sekali, karena penjualan kendaraan listrik itu sangat baik pada saat perhelatan IIMS 2023. Atas dasar itulah kami berharap penjualan mobil listrik kali ini melalui PEVS akan sangat berhasil. Terlebih perhelatan PEVS ini disediakan khusus untuk kendaraan listrik, sehingga kami sangat optimis bahwa penerimaan kendaraan listrik akan sangat baik.”

Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut memberikan dukungan bagi perkembangan ekosistem elektrik di Indonesia melalui perhelatan PEVS 2023.

“Kami juga sudah menyiapkan diri menyambut era elektrifikasi di Indonesia, salah satunya menyiapkan SPKLU untuk kebutuhan charging kendaraan di jalan umum. Kami berharap kita sama-sama bekerja untuk menciptakan ekosistem elektrik agar kendaraan elektrik semakin diterima oleh masyarakat Indonesia. Kami di BUMN akan berkolaborasi dan bekerja sama salah satunya dengan dealer atau himpunan bank negara (himbara) agar kami dapat menyiapkan home charging bagi para pembeli kendaraan listrik.” tegas Ririn Rachmawardini, Executive Vice President Pengembangan Produk Niaga PT PLN (Persero).

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara optimis PEVS 2023 menargetkan lebih dari 30.000 pengunjung selama 5 hari penyelenggaraan dengan target kepesertaan lebih dari 80 brand dan target transaksi lebih dari 285 Miliar Rupiah.

Pilihan Editor: 3.000 unit Motor Penggerak Saietta Jadi Andalan Mobil Komersial Mini AYRO

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi