ABT e-Line Suguhkan Panel Surya di Volkswagen ID. Buzz
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 10 April 2023 07:00 WIB
Volkswagen ID. Buzz akan dapat secara aktif "mengisi" energi saat tidak bergerak dan bahkan saat mengemudi, sehingga memperluas jangkauannya. (Foto: ABT e-Line)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaABT e-Line suguhkan terobosan di Volkswagen ID. Buzz yang memungkinkan jarak tempuh bisa lebih jauh, berkat adanya panel surya yang disematkan di atas atap.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Volkswagen ID. Buzz pasca diluncurkan memang mendapat respon positif di daratan Eropa setelah beberapa bulan diluncurkan. ABT e-Line memberikan pilihan baru kepada para antusias dengan pengembangan panel surya.

Diyakini terobosan baru panel surya ini bisa lebih terjangkau dibanding pendahulunya. Meskipun saat pertama kali diperkenalkan bentuknya terlalu tinggi dan biayanya terlalu mahal. ID. Buzz berkat dimensinya yang panjang memungkinkan menawarkan kondisi terbaik untuk ini.

Volkswagen ID. Buzz bisa lebih murah apabila permintaannya tinggi. (Foto: ABT e-Line)

Para ahli dari Kempten kini telah berhasil mengembangkan solusi yang dapat mengisi daya hingga 600W ke baterai tegangan tinggi kendaraan melalui panel surya di atap kendaraan. Tapi bukan itu saja: perpanjangan melalui panel samping kendaraan sudah dipertimbangkan untuk meningkatkan output menjadi lebih dari 1.000 watt.

ID. Buzz akan dapat secara aktif "mengisi" energi saat tidak bergerak dan bahkan saat mengemudi, sehingga memperluas jangkauannya. Daya hingga 3.000 kilometer per tahun dapat dihasilkan dan diisi secara mandiri dengan energi matahari tanpa sambungan jaringan listrik. 

"Kendaraan BEV dan PHEV, dengan unit kemampuan penyimpanannya, juga merupakan platform yang sempurna untuk menggunakan energi surya sebagai tenaga penggerak," jelas Eric Plekkepoel, CEO ABT e-Line GmbH.

Dimulainya produksi seri atap panel surya baru direncanakan pada awal tahun 2024. (Foto: ABT e-Line)

Selain pengisian daya mandiri, atap panel surya ABT e-Line menawarkan keuntungan lebih lanjut. Misalnya, daya matahari yang tidak habis-habisnya dapat digunakan untuk menyalakan konsumsi listrik lainnya seperti benda yang didinginkan, atau mengenai ID. Buzz ketika berkemah, lemari es atau penerangan interior dapat disuplai dengan energi matahari.

Dimulainya produksi seri atap panel surya baru direncanakan pada awal tahun 2024 melalui mitra perusahaan. Seperti ABT Camper XNH, Volkswagen Group Service akan melakukan konversi di dekat pabrik. Tentunya menghemat rute logistik yang panjang untuk kepentingan keberlanjutan yang lebih besar.

Pilihan Editor: Hyundai Ioniq 5 Disney100 Platinum Concept, Khusus Penggemar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi