BMW XM Label Red, SUV Hybrid Terkuat
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 12 April 2023 10:04 WIB
BMW MX Label Red Hybrid punya torsi hingga 1.000 Nm. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBMW M GmbH memperkenalkan racikan terbaru bagi para penggemar SUV performa tinggi, BMW XM Label Red. Mengusung terobosan baru sumber tenaga M Hybrid yang lebih kuat serta desain unik menunjukkan kemampuan kendaraan kencang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikabarkan bahwa sentakan di roda akan mencapai 738 hp ketika pedal akselerator diinjak. Hal ini menegaskan bahwa BMW XM Label Red menjadi mobil jalan raya terkuat yang pernah dihadirkan BMW M.

Sedianya BMW XM Label Red ditampilkan di Auto Shanghai pada 18 April mendatang. Bagi yang penasaran untuk memilikinya, bulan Agustus 2023 sudah siap masuk jalur produksi di BMW Group Plant Spartanburg, di Carolina Selatan.

System M Hybrid yang disodorkan di BMW XM Label Red ini untuk menunjukkan keunggulan dari perangkat elektrifikasi performa tinggi dari BMW M. Keunggulan interaksi motor listrik tanpa suara dipadu mesin V8 menjanjikan performa spontan di putaran mesin tanpa batas.

BMW MX Label Red Hybrid dapat melaju 50 km gunakan baterai saja. (foto: BMW)

BMW M membocorkan bahwa perpaduan mesin dan motor listrik ini tak beda jauh dengan racikan mobil balap yang gunakan BMW M Hybrid V8. Mobil yang debutnya di balap ketahanan 24 Hours of Daytona di Amerika Utara IMSA tahun ini . Bahkan sudah dipersiapkan 24 Hours of Le Mans tahun 2024.

Tenaga 738 hp tersebut ada tambahan 94 hp berbanding versi standar BMW XM. Secara keseluruhan torsinya  mulai dari 200 Nm hingga 1.000 Nm. Performa kuat tersebut disalurkan keseluruh roda melalui sistem penggerak empat roda M xDrive.

Teknologi M TwinPower juga memberikan peranan penting di BMW XM Label Red, apalagi mesin V8 terbaru ini sajikan putaran mesin lebih tinggi, efisien, dan lebih rendah emisi gas buang.

Penyempurnaan lainnya adalah pada exhaust manifold dibuat cross-bank, crankshaft drive telah diperkuat, turbocharger secara elektronik mengontrol klep blow-off, peningkatan kemampuan pasokan oli, dan optimalisasi penggunaan oli terpisah.

Di atas kertas, mesin murni BMW XM Label Red berkapasitas 4.395 cc instalasi V8. Hadirkan tenaga murni 577 hp pada 5.600 rpm dan torsinya 749 Nm yang sudah tersaji dari 1.800-5.400 rpm. Adapun torsinya ada peningkatan 100 Nm dari pendahulunya. Motor listriknya berkontribusi suguhkan tenaga 194 hp dan torsi 279 Nm.

Perpaduan tersebut menjadikan BMW XM Label Red mampu berlari 0-96 kpj hanya dalam waktu 3,7 detik. Kecepatan tertingginya dibatasi 250 kpj, bisa 280 kpj andai gunakan pilihan spesifik M Driver package.

Pengisian baterai BMW MX Label Red Hybrid butuhkan waktu 3 jam 15 menit. (Foto: BMW)

BMW M Hybrid ini menggunakan baterai lithium-ion yang ditempatkan di kolong mobil. Hantaran listriknya akan tetap stabil meski dalam kondisi cuaca dingin ataupun panas dan beban berat berkat adanya manajemen energi pintar. 

Andalkan baterai listrik dan mesin V8 ketika melaju, bila gunakan motor listrik saja bisa mencapai jarak tempuh 50 km. BMW XM Label Red bisa melaju senyap hanya gunakan motor listriknya saja hingga kecepatan 140 kpj.

Tenaga yang dikirimkan ke motor listrik diolah BMW IconicSounds Electric, pengembangan berkolaborasi antara BMW dan komposer film terkenal Hans Zimmer. Menjadikan suaranya unik ketika melaju.

Menggunakan Combined Charging Unit M Hybrid memungkinkan pengisian sumber listrik AC hingga 7,4 kW. Baterai bertegangan tinggi ini bisa diisi penuh dari 0-100 persen perlu waktu 3 jam 15 menit.

BMW XM Label Red adalah seluruh bodi berwarna hitam, tapi ada aksen Toronto Red metallic. Warna merah digunakan pula di badge dan hiasan pelek. Peminat bisa memilih ukuran 22 inci atau 23 inci tanpa tambahan biaya.

BMW MX Label Red Hybrid gunakan layar lengkung hadirkan berbagai informasi di hadapan pengendara. (Foto: BMW)

Ketika berada di kabin, akan disapa oleh BMW Curved Display dan head-up display. Berbagai informasi tentang kondisi kendaraan hingga informasi hiburan bisa didapatkan di sini.

BMW XM Label Red hadirkan banyak detail BMW M, bahkan untuk penumpang belakang dihadirkan M Lounge. Ketika punggung disandarkan di jok kulit berbahan Merino dengan jahitan kontras merah, terdapat penghangat ketika musim dingin.

Kesan nyaman di kabin dihadirkan melalui pendaran 100 LED, 4 zona terpisah setelan penyejuk kabin. Telinga dimanjakan oleh pilihan Harman Kardon Surround Sound System, namun versi standarnya Bowers & Wilkins Diamond Surround Sound System berkekuatan 1.475 watt sudah cukup mantap, apalagi ada tambahan empat speaker di plafon.

BMW Live Cockpit Professional yang dihadirkan merupakan generasi terbaru BMW iDrive, versi M-specific dari BMW operating System 8.5. 

Pilihan Editor: Hyundai Motor, Kia, dan Genesis Targetkan 3 Besar Pemain EV

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi