Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika 2023: Francesco Bagnaia Terancam Alex Marquez
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 16 April 2023 03:39 WIB
Francesco Bagnaia - MotoGP Amerika 2023. (Foto: Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFrancesco Bagnaia pembalap andalan Ducati Lenovo berhasil menempatkan dirinya sebagai yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Amerika 2023, Sabtu 15 April. Pembalap Juara Dunia MotoGP 2022 ini melesatkan Ducati Desmosedici GP23 di Circuit of the America (COTA) bukukan waktu 2:01,892 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Catatan waktu tersebut sekaligus torehkan rekor baru di COTA sepanjang 5.513 meter yang sebelumnya dipegang oleh Jorge Martin tahun 2022, yakni 2:02,039 detik.

Sementara itu pembalap baru LCR Honda Castrol yakni Alex Rins memberikan kejutan melesatkan Honda RC213V hanya terpaut 0,160 detik, alias bukukan waktu 2:02,052 detik. Sedangkan Luca Marini berada di posisi tiga dengan catatan waktu 2:02,181 detik. Posisi empat ditempati Alex Marquez pembalap Gresini Racing andalkan Ducati Desmosedici GP22, yakni 2:02,242 detik.

Francesco Bagnaia. (Foto: Ducati)

“Luar biasa, semua berjalan lancar membuat saya senang. Saya sudah percaya diri sejak latihan pagi di FP3  Catatan waktu 2:01 detik sangatlah bagus, melihat begitu liarnya kendali motor yang kita alami. Saya tahu Sprint Race nanti akan lebih menantang, karena Alex Marquez juga sangat kencang dan kemungkinan akan menjadi lawan tangguh,” ujar Francesco Bagnaia.

Sementara itu Alex Rins sempat mengira memperoleh pole position setelah melihat layar dirinya berada di posisi puncak catatan waktu kualifikasi MotoGP Amerika 2023. “Meskipun saya sudah kira Francesco Bagnaia lebih cepat dari saya. Seperti saya sudah utarakan sehari sebelumnya, saya bertahap mulai percaya diri. Saya memperbaiki gaya balapan dengan Honda RC213V, Sepertinya saya menemukan tempat terbaik di sektor terakhir yang membantu sedikit lebih kencang, merasa lebih cepat,” jelas Alex Rins.

Alex Rins raih posisi 2 di MotoGP Amerika 2023. (Foto: LCR Honda)

“Meraih posisi 2 untuk Sprint Race dan balapan utama menjadi modal berada di posisi terbaik. Kita akan terus lanjutkan untuk pertahankan posisi ini,: tambah Yusuf,” tambah Alex Rins.

Adapun Luca Marini pembalap Mooney VR46 Racing Team mengakui bahwa sesi latihan pagi merupakan bencana. “Saya ingin memperbaiki semuanya. Meskipun semuanya diraih tidak mudah. Apalagi saya mengendarai motor nomor 1 yang tidak saya sukai semenjak di Portimao. Tapi di sini tidak terlalu buruk, karena bisa bukukan catatan waktu,” kata dia.

Luca Marini mengakui saat Q2 sempat kehilangan waktu, “Tapi saya bisa kembali lagi. Tentu raihan waktu ini menyenangkan, start dari barisan depan sangat penting. Karena musim ini dengan format dua balapan, tentunya akan sangat penting.”

Sprint Race berlangsung pada hari yang sama setelah sesi Kualifikasi. Sedangkan balapan sesungguhnya digelar hari Minggu, 16 April 2023. Francesco Bagnaia pastinya akan berhati-hati melihat serangan dari Alex Rins dan juga pengguna Desmosedici GP lainnya yang sama kompetitif. 

Pilihan Editor: Pasca Pulih, Joan Mir Kembali Fokus Hadapi MotoGP Amerika 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi