Pemudik Diimbau Balik Lebaran 2023 di Tanggal Segini Biar Tak Kena Macet
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 21 April 2023 17:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolda Metro Jaya Karyoto beserta rombongan meninjau pemudik di Stasiun Pasar Senen, Rabu, 19 April 2023. Desty Luthfiani/TEMPO.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk balik dari kampung halamannya pada tanggal 26 hingga 29 April 2023. Hal ini bertujuan agar para pemudik tidak terjebak macet di perjalanan, terlebih saat puncak arus balik Lebaran 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Puncak arus balik diperkirakan terjadi di dua gelombang, tanggal 24 dan 25 Arpil, serta 30 April dan 1 Mei," kata Budi Karya, dikutip dari situs berita Antara hari ini, Jumat, 21 April 2023.

Berdasarkan evaluasi arus mudik, Budi Karya mengatakan bahwa jumlah kendaraan yang masuk ke Jawa tengah melalui Gerbang Tol Kalingkung pada H-3 mencapai 71 ribu kendaraan. Sementara di H-2 Lebaran 2023, arus kendaraan yang melintas Kalikangkung masih mencapai 67 ribu kendaraan.

Tidak hanya itu, Budi Karya juga mengungkapkan bahwa saat arus mudik, kendaraan yang masuk Tol Trans Jawa dari sejumlah daerah di pesisir Pantura Jawa juga masih tinggi. Hal tersebut diprediksi akan juga terjadi saat arus balik tahun ini, sehingga tekanan arus kendaraan di ruas Tol Cipali bisa terurai.

Budi Karya mengapresiasi sejumlah langkah penting dari pemangku kepentingan dalam memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini. Sistem satu arah atau one way yang berlakukan dari Jakarta ke Gerbang Tol Kalikangkung telah dihentikan sejak pukul 02.00 WIB, dan kini arus diberlakukan dua arah.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Sapu Receh saat Mudik Lebaran, Berbahaya dan Menyebabkan Kemacetan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi