Volkswagen Group Bangun Gigafactory Sel Baterai di Kanada
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 24 April 2023 09:13 WIB
Investasi yang direncanakan hingga 4,8 miliar / CAD$7 miliar hingga tahun 2030 berpotensi menciptakan hingga 3.000 pekerjaan berketerampilan tinggi di fasilitasnya dan puluhan ribu lebih pekerjaan tidak langsung di wilayah tersebut. (Foto: Volkwagen)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaVolkswagen Group terus berupaya menggenjot strategi kendaraan listrik (EV) yang ambisius di Amerika Utara. Melalui perusahaan sel baterainya PowerCo SE bertujuan untuk membangun gigafactory terbesarnya hingga saat ini di St. Thomas, Ontario/Kanada dengan kapasitas produksi tahunan hingga 90 GWh pada fase ekspansi akhir. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Investasi yang direncanakan hingga €4,8 miliar / CAD$7 miliar hingga tahun 2030 berpotensi menciptakan hingga 3.000 pekerjaan berketerampilan tinggi di fasilitasnya dan puluhan ribu lebih pekerjaan tidak langsung di wilayah tersebut. 

Pengumuman tersebut ditegaskan Jumat lalu, 21 April, di hadapan Perdana Menteri Kanada, Yang Terhormat Justin Trudeau, Yang Terhormat François-Philippe Champagne, Menteri Inovasi, Sains dan Industri, Perdana Menteri Ontario, Yang Terhormat Doug Ford, Yang Terhormat Victor Fedeli, Menteri Pembangunan Ekonomi Ontario, Penciptaan Lapangan Kerja dan Perdagangan, dan Joe Preston selaku Walikota Kota St. Thomas.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan, “Ketika kita berbicara tentang rencana buatan Kanada, kita berbicara tentang menciptakan pekerjaan kelas menengah yang baik untuk sekarang dan di masa depan, kita berbicara tentang udara bersih untuk anak dan cucu kita, dan kita berbicara tentang ekonomi yang kuat yang bekerja untuk semua orang Kanada. Itulah alasan  pabrik baterai kendaraan listrik Volkswagen yang baru di St. Thomas – pabrik manufaktur terbesar di negara yang pernah didirikan – semuanya. Ini adalah kemenangan bagi pekerja, masyarakat, dan ekonomi.”

Sedangkan Thomas Schmall, Volkswagen Group Board Member for Technology mengatakan, “Amerika Utara menjadi kunci utama dalam strategi baterai global kami. Wilayah tersebut akan menjadi pilar kedua PowerCo SE selain Eropa, dengan sel baterai yang dibuat di Amerika Utara untuk Amerika Utara. Gigafactory St. Thomas membuka pintu ke pasar utama untuk e-mobilitas dan produksi sel baterai. Kami bertujuan menjadikan PowerCo sebagai pemain global dalam bisnis baterai dan membuka jalan bagi mobilitas yang bersih dan berkelanjutan. Gigafactory St. Thomas adalah tonggak penting dalam roadmap kami.”

St. Thomas adalah gigafactory luar negeri pertama Volkswagen untuk pembuatan sel dan akan melengkapi jajaran BEV dari VW Group di wilayah Amerika Utara dengan sel mutakhir, teknologi sel baru yang dirancang untuk produksi massal. 

Peletakan batu pertama direncanakan untuk 2024 dan produksi diproyeksikan akan dimulai pada 2027. Fasilitas sel baterai adalah bagian dari rencana yang lebih besar yang disetujui Volkswagen dan PowerCo dengan pemerintah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Agustus tahun lalu. Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada saat itu berfokus pada penciptaan nilai baterai dan keamanan bahan mentah untuk mempromosikan e-mobilitas di negara tersebut.

Keputusan untuk memperluas jaringan produksi sel baterai PowerCo SE ke Kanada merupakan bukti lebih lanjut dari strategi pertumbuhan ambisius Volkswagen Group di Amerika Utara. Ini termasuk pengenalan portofolio terluas kendaraan full-electric di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2030, perluasan jaringan pengisian secara meluas Electrify America di Amerika Serikat dan Kanada serta pengumuman merek Scout yang ikonik untuk mengirimkan kendaraan listrik pertamanya pada tahun 2026.

Pabrik sel masih dalam pembangunan di atas lahan seluas sekitar 370 acre (150 hektar), yang setara dengan lebih dari 210 lapangan sepak bola. Seluruh kawasan industri dan pemasok seluas 1.500 acre (600 hektar). Lokasinya yang strategis sekitar 30 km selatan London, Ontario, berada di jantung Koridor Otomotif Great Lakes dan dekat kota-kota besar seperti Toronto dan Detroit. 

Hal tersebut memberikan PowerCo akses utama ke klaster penelitian dan inovasi regional, tenaga kerja berbakat, infrastruktur transportasi yang baik, dan rantai pasokan yang mapan. Selanjutnya, pabrik sel baterai akan disuplai sebagai energi 100 persen bebas CO2.

Ontario merupakan yang terdepan dalam industri otomotif global dan berada di jalur yang tepat untuk menjadi pembangkit tenaga listrik di ruang EV yang sedang berkembang. Memiliki lebih dari 700 perusahaan terkait otomotif, akses penuh ke mineral penting, dan rantai pasokan baterai etis ujung ke ujung, Ontario menawarkan kondisi yang sempurna untuk investasi EV. Sejak 2020, Ontario telah menarik hampir CAD$13 miliar untuk investasi kendaraan listrik dan baterai EV.

Volkswagen Group telah menjadikan teknologi baterai sebagai elemen inti dari 10 point Plan yang bertujuan mempercepat transformasi perusahaan. Volkswagen mendirikan PowerCo SE di Jerman, sebuah perusahaan baterai terpisah, menggabungkan bisnis baterai Group global di seluruh rantai kebutuhan – mulai dari pasokan dan pengembangan bahan mentah hingga konstruksi dan pengoperasian gigafactory

Sejak diluncurkan pada Juli 2022, PowerCo SE telah menetapkan tiga lokasi pabrik sel baterai di Salzgitter, Valencia, dan St. Thomas di Amerika Utara. Pada tahun 2030, PowerCo dan mitra diharapkan menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari 20 miliar euro.

Pilihan Editor: Hydrogen Vehicle Systems Siapkan Truk Tempuh 600 KM

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi