Daihatsu Indonesia Bantah Toyota Agya Produksi Lokal Tak Lolos Uji Hasil Tes Tabrak
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 3 Mei 2023 15:13 WIB
Mobil Toyota All New Agya dipamerkan dalam acara Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 di JCC, Jakarta, 11 Maret 2023. Mobil LCGC All New Toyota Agya mulai Rp 167,9 juta sampai Rp 191,4 juta.. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia membantah mobil Toyota Agya produksi lokal tak lolos uji hasil tes tabrak seperti ditemukan kasus di Jepang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM Sri Agung Handayani seluruh mobil Daihatsu yang diproduksi di dalam negeri sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.

"Untuk Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia tidak terdampak terhadap masalah ini. Seluruh produksi yang dipasarkan di Indonesia dan ekspor tidak terdampak karena sudah memenuhi ketentuan," katanya dikutip dari Tempo.co.

Sementara itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menepis isu yang menyebut Toyota Agya yang dipasarkan di Indonesia tidak terlibat dalam masalah Daihatsu Jepang.

"Untuk domestik Indonesia, TAM pastikan sudah dihomologasi untuk dapat izin dipasarkan oleh Pemerintah Indonesia," jelas Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy.

Diketahui, sebelumnya heboh soal Daihatsu Global yang merilis data hasil manipulasi tes tabrakan Toyota Agya di Indonesia yang segera diproduksi pada Juni 2023. Mobil tersebut nantinya akan dipasarkan untuk kebutuhan Tanah Air dan ekspor ke Ekuador.

Bahkan Ketua Dewan Toyota global, Akio Toyoda sampai meminta maaf untuk kesalahan Daihatsu yang bisa mengancam keselamatan dan kenyamanan konsumen.

toyota Agya dan Agya GR Sport umumkan harga di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023. (Foto: Toyota)

"Kesalahan Daihatsu Motor Co., Ltd. adalah masalah yang menyangkut keselamatan, yang merupakan aspek terpenting dari kendaraan. Kami menganggap ini sebagai tindakan yang benar-benar tidak dapat diterima yang mengkhianati kepercayaan pelanggan kami," kata Toyoda dalam keterangan resminya.

Toyota saat ini telah mengumpulkan data secara rinci untuk mengetahui penyebab permasalahan tersebut. Pihaknya juga akan memastikan membuka hasil investigasi tersebut ke publik.

Di sisi lain, Daihatsu global juga telah meminta maaf atas pengkhianatan kepercayaan pelanggan dan pihak terkait atas kecurangan dalam produksi mobil Toyota ini.

Daihatsu akan melakukan survei wawancara terhadap departemen terkait yang diduga melakukan pelanggaran, melakukan pemeriksaan kendaraan, dan memeriksa riwayat pengembangan kendaraan.

"Saat ini, pelanggan yang menggunakan model ini tidak perlu melakukan tindakan apa pun untuk melanjutkan penggunaan. Daihatsu akan mengonfirmasikan kembali setelah adanya laporan dari panitia pihak ketiga," tulis Daihatsu.

Pilihan Editor: Daihatsu Motor Minta Maaf Ada Kesalahan Produksi Toyota Agya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi