Daihatsu Motor Minta Maaf Ada Kesalahan Produksi Toyota Agya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 29 April 2023 19:32 WIB
toyota Agya dan Agya GR Sport umumkan harga di Gaikindo Jakarta Auto Week 2023. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaDaihatsu Motor Co., Ltd. (Daihatsu) mengkonfirmasi bahwa mereka telah melakukan kesalahan dalam aplikasi persetujuan untuk tes tabrakan samping untuk beberapa kendaraan (4 model), dikembangkan oleh Daihatsu yang ditujukan untuk pasar luar negeri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Daihatsu menyatakan sangat meminta maaf karena telah mengkhianati kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya serta telah menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang besar. 

Mengenai kesalahan yang dilaporkan secara internal pada bulan April tahun ini, kami melakukan penyelidikan berikut dan mengonfirmasi bahwa hal itu terjadi seperti yang dilaporkan.

(1) Melakukan survei wawancara terhadap departemen yang bertanggung jawab dan departemen terkait yang diduga melakukan pelanggaran

(2) Pemeriksaan kendaraan

(3) Riwayat pengembangan seperti riwayat perubahan desain dan hasil pengujian dalam proses pengembangan

Kendaraan yang mengalami masalah tersebut adalah Toyota Yaris ATIV produksi sejak Agustus 2022 di Thailand dan Malaysia yang sedianya untuk pasar Thailand, Gulf Cooperation Council, Meksiko, dan negara lainnya. Sudah terjual 76.289 unit.

Ada Perodua Axia yang produksinya dimulai bulan Februari 2023, dibuat di Malaysia untuk pasar lokal, sudah diproduksi 11.834 unit. Sementara Toyota Agya sedianya rencana diproduksi Juni 2023 dibuat di Indonesia dengan tujuan pasar Ekuador. Kemudian model masih dalam pengembangan, rencana produk ini akan lebih jauh disempurnakan.

Produksi Daihatsu Motor yang mengalami kesalahan dalam pengembangan tabrakan samping. (Sumber: Daihatsu)

Daihatsu menjalankan seluruh proses mulai dari pengembangan hingga lulus tes sertifikasi yang diperlukan berdasarkan perjanjian pasokan OEM dan perjanjian pengembangan bersama antara Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Daihatsu.

Toyota kemudian mengajukan permohonan persetujuan jenis kendaraan dari pihak berwenang, dan setelah menerima persetujuan yang diperlukan, menjualnya dengan merek Toyota.

Kesalahan segera dilaporkan dan dikonsultasikan bersama otoritas pemeriksa terkait dan sertifikasi setelah ditemukan, dan pengiriman ditangguhkan di negara-negara di mana persetujuan telah diberikan setelah berdiskusi dengan Toyota.

Selain itu, saat melaporkan dan berkonsultasi dengan otoritas inspeksi dan sertifikasi, kami telah mengkonfirmasi dan melaporkan bahwa hal itu sesuai dengan undang-undang dan peraturan dalam pengujian ulang internal menggunakan suku cadang yang tepat.

Di masa mendatang, kami akan menguji ulang di hadapan otoritas inspeksi dan sertifikasi, dan jika dipastikan bahwa kinerja dampak samping sesuai dengan peraturan, kami akan melanjutkan pengiriman.

Menindaklanjuti masalah ini Daihatsu akan berusaha melanjutkan pengiriman kendaraan yang pengirimannya akan ditangguhkan, sambil menerima panduan dari otoritas inspeksi dan sertifikasi. Saat ini, pelanggan yang menggunakan model ini tidak perlu melakukan tindakan apa pun untuk melanjutkan penggunaan.

Selain komite investigasi internal yang telah melakukan investigasi sejauh ini, Daihatsu telah membentuk komite pihak ketiga yang independen untuk menjelaskan detail masalah ini, menganalisis akar permasalahan, dan menyusun langkah-langkah untuk mencegah terulangnya masalah tersebut.

Daihatsu akan menginformasikan kembali setelah adanya laporan dari panitia pihak ketiga.

Sumber: DAIHATSU

Pilihan Editor: Harga All New Toyota Agya mulai dari Rp 167 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi