Simak 4 Tips Ampuh Hindari Pencurian Motor
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 31 Juli 2023 16:52 WIB
Sejumlah motor matik hasil pencurian di wilayah Yogyakarta yang berhasil disita Polresta Yogyakarta. Tempo/Pribadi Wicaksono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pencurian kendaraan bermotor merupakan salah satu tindak pidana pencurian yang menargetkan kendaraan bermotor, khususnya motor sebagai targetnya. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menghindari pencurian motor dari para pelaku curanmor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dibanding kendaraan lain seperti mobil, motor jauh lebih rentan terhadap tindak pencurian. Namun dengan langkah pencegahan yang tepat, pemilik motor bisa melindungi kendaraan dari oknum pencuri yang tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari Suzuki.co.id, berikut tips ampuh untuk mencegah pencuri membobol dan mengambil motor.

1. Kunci Stang ke Arah Kanan

Salah satu langkah penting untuk mencegah pencurian motor adalah dengan mengunci stang ke arah kanan. Ini adalah metode yang efektif untuk menghambat pergerakan motor dan mencegah pencuri untuk membobol kunci kontak menggunakan kunci T.

Sebab dengan mengunci stang ke arah kanan, ruang geraknya akan terbatas, sehingga menyulitkan pencuri untuk membuka kunci dan menghidupkan mesin. Ini memberikan tingkat keamanan tambahan dan membuat motor lebih sulit dibobol.

2. Tutup Lubang Kunci dengan SKS (Secure Key Shutter)

Hampir setiap motor keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan Secure Key Shutter (kunci kontak magnet) atau SKS, yaitu sistem pengunci untuk menutup lubang kunci kontak agar tidak mudah diakses pencuri.

Sistem ini dilengkapi dengan cover magnet serta tuas penutup manual yang kuat. Ketika SKS diaktifkan, maka lubang kunci akan tertutup secara otomatis. Lubang tersebut hanya bisa dibuka menggunakan bagian kepala anak kunci saja.

3. Selalu Cabut Kunci dari Kontak

Masih banyak pengemudi yang kerap lupa mencabut anak kunci dari kontak. Padahal, kebiasaan ini sangat penting untuk mencegah pencurian motor dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karena itu, pastikan untuk selalu mencabut kunci sebelum pergi dan simpan di tempat aman yang sulit dijangkau oleh orang lain. Contohnya seperti di dalam saku pakaian, celana, atau jaket, ataupun di dalam tas dan dompet yang digunakan.

4. Pilih Lokasi Parkir yang Aman

Untuk menghindari pencurian motor, pemilihan lokasi parkir yang aman adalah hal penting. Jika memungkinkan, pilihlah tempat parkir yang dilengkapi dengan sistem pengawasan CCTV dan petugas pengawas keamanan (security).

Jika memarkirkan motor di rumah, pastikan untuk memastikan keamanan rumah. Gunakan pagar yang kuat dan pasang sistem pengaman tambahan seperti gembok di pintu pagar untuk mempersulit akses dari luar.

Pilihan Editor: Suzuki Hayabusa Edisi 25th Anniversary Dirilis, Simak Penampakannya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi