Suzuki Hayabusa Edisi 25th Anniversary Dirilis, Simak Penampakannya
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 4 Juli 2023 06:34 WIB
Suzuki Hayabusa 25th Anniversary. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki meluncurkan motor baru Suzuki Hayabusa dalam rangka merayakan 25th Anniversary. Rencananya motor sport ini akan dijual mulai Juli 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagian yang spesial dari edisi kali ini ada di pilihan warna bodi kombinasi oranye dan hitam. Selain itu bagian cakram depan dan setelan rantai, diberi warna spesial, yakni emas.

Kemudian bagian knalpot dan gear rantai, disematkan logo 25th Anniversary. Sementara bagian tangki, logo Suzuki yang dipasang bukan stiker biasa, tapi timbul ditambah ada seat-cowl spesial yang kini jadi standar.

Toshihiro Suzuki, Director & President Suzuki Motor Corporation menyebut, Hayabusa menjadi model yang merepresentasi Suzuki dan sudah banyak penggemarnya di seluruh dunia.

"Kami mau mengungkapkan rasa senang kami karena model ini bisa merayakan ulang tahunnya ke-25 dan dicintai orang-orang selama ini. Suzuki Hayabusa tidak akan berhenti berevolusi," ucap Toshihiro Suzuki dikutip dalam keterangan siaran resmi, Senin 3 Juli 2023.

Sebagai informasi, Hayabusa pertama kali diperkenalkan saat Intermot Jerman tahun 1998, saat itu memakai nama Suzuki Hayabusa GSX1300R mengusung konsep 'Ultimate Sport'. Penjualan pertama dimulai di Eropa dan Amerika pada 1999.

Lalu, generasi kedua hadir ditahun 2007. Pada versi ini ada kenaikan kapasitas mesin, dari 1.299cc ke 1.340cc.

Kemudian ada tambahan fitur Suzuki Drive Mode Selector (SDMS) yang mengatur mode berkendara sesuai dengan keinginan pengendara.

Selanjutnya pada 2021, hadir generasi ketiga dari Hayabusa, ubahannya total dari sektor mesin sampai ke sasis dan fitur elektronis. Misal seperti disematkan SIRS atau Suzuki Intelliget Ride System yang mengatur traksi dan ada quick shifter.

Generasi ketiga bisa dibilang berubah total, dari segi desain sampai ke bagian dalam. Bahkan Suzuki bilang Suzuki Hayabusa generasi terakhir ini dengan sebutan The Refined Beast.

Saat ini, Suzuki Hayabusa sudah dijual di 48 negara, termasuk Amerika, Eropa, India, dan Amerika Latin. Bahkan di 2022, sudah mencapai akumulasi produksi sebanyak 200.000 unit.

Pilihan Editor: Bajaj Pulsar Dimodif Mirip Suzuki Hayabusa Habiskan Rp 42 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi