Aerodinamika Honda RC213V Dikembangkan di MotoGP Austria 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 19 Agustus 2023 17:11 WIB
Marc Marquez Repsol Honda di MotoGP AUSTRIA 2023. (Foto: Repsol Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPertengahan musim tampil belum maksimal, kedua pembalap Repsol Honda justru lebih memilih melakukan pengembangan aerodinamika di Honda RC213V pada MotoGP Austria 2023. Sesi latihan hari Jumat, Marc Marquez bukukan waktu 1:29,356 detik menjadi pembalap tercepat ke-13. Sedangkan Joan Mir hanya bisa bukukan waktu 1:30,352 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lambannya Joan Mir akibat selama latihan awal hanya fokus untuk mendapatkan setelan dasar untuk pengembangan baru motor Honda RC213V.

“Banyak yang dilakukan hari ini, tentunya membutuhkan pertimbangan yang tepat untuk melakukan dua paket aerodinamika berbeda. Gaya berkendara harus  diubah untuk mengimbangi aerodinamika,” ujar Marc Marquez.

“Kita akan terus menggunakannya di lintasan ini yang memang pengembangannya secara menyeluruh, tapi kita akan mencoba juga di lintasan lainnya. Saya berusaha kuat hingga sesi petang  dan bisa pertajam catatan waktunya, sayang kita kehilangan waktu tercepat, tapi ini sering terjadi,” yakin pembalap pengguna nomor #93.

Marc Marquez mengungkapkan, “Targetnya adalah memahami paket aerodinamika dan melihat apa yang bisa dioptimalkan berikutnya.”

Honda RC213V Joan Mir MotoGP Austria 2023 gunakan paket aerodinamika terbaru. (Foto: Repsol Honda)

Joan Mir mengakui bahwa sesi latihan hari pertama cukup repot dengan perangkat aerodinamika terbaru untuk Honda RC213V. “Kali ini kami mencoba fairing baru yang sudah dipakai balapan lalu oleh Taka. Ini artinya kita harus mengubah setelan motor dan memerlukan waktu untuk membiasakan diri,” kata dia.

“Sayangnya pada petang hari ada gerimis yang mengganggu rencana dan pengembangan sedikit. Tapi sudah cukup bagus di lap terakhir, tapi ada hujan di sektor terakhir,” jelas Joan Mir.

Joan Mir menegaskan bahwa hasil latihan hari Jumat ini bukanlah potensi sejatinya keluar dari 15 besar. “Berharap kita bisa membuat langkah lebih lanjut untuk bisa finis di mana sepatutnya kami,” ujar dia.

Pilihan Editor: Francesco Bagnaia Targetkan Menang di MotoGP Austria 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi