WorldSBK: Mantan Rider Federal Oil Gresini Moto2 Gabung Aruba.it Racing-Ducati
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 6 September 2023 08:13 WIB
Nicolo Bulega, Aruba.it Racing-Ducati. (Ducati)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mantan pembalap Federak Oil Gresini Moto2 musim 2020-2021, Nicolo Bulega, bergabung dengan Aruba.it Racing-Ducati di Kejuaraan Dunia Superbike (World Superbike Championship/WorldSBK) 2024. Saat ini, Bulega bertarung di World Supersport Championship (WorldSSP), satu tingkat di bawah WorldSBK bersama Ducati. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bulega akan menjadi tandem bagi Juara Dunia WorldSBK musim lalu, Alvaro Bautista. Bulega menggantikan Michael Ruben Rinaldi yang mengakhiri kontraknya bersama Aruba.it Racing-Ducati di akhir musim ini. 

Bulega menyebut kepindahannya dari WorldSSP ke WorldSBK bersama tim pabrikan Ducati merupakan impiannya. "Saya ingin jujur ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Balapan untuk tim pabrikan adalah dambaan setiap pembalap," kata Bulega dalam keterangan resmi tim Ducati, Rabu, 6 September 2023. 

"Sebelumnya tim memilih saya untuk mengendarai Ducati Panigale V2 yang fantastis di WorldSSP, dan saya langsung merasa nyaman. Saya tahu betapa pentingnya kesempatan ini dan saya akan selalu memberikan yang terbaik untuk meningkatkan diri, hari demi hari, dengan satu-satunya tujuan mendapatkan hasil terbaik."

"Saya juga sangat senang bisa berbagi paddock dengan Alvaro Bautista. Memiliki dia sebagai rekan satu tim akan menjadi nilai tambah yang besar. Saya akan mencoba menyerap setiap informasi yang dapat saya pelajari darinya.”

Kepala Tim di Aruba.it Racing – Ducati, Stefano Cecconi, menambahkan bahwa Bulega mengalami pertumbuhan yang stabil selama bertarung di WorldSSP. "Kami berharap dia melanjutkan jalur ini dengan mengendarai Panigale V4 R, karena dia telah membuktikan bahwa dia bisa sangat cepat dengan motor ini selama pengujian," ujar dia.  

General Manager Ducati Corse, Luigi Dall'Igna, mengatakan Bulega adalah pembalap yang sangat berbakat, dan pengalamannya, meski usianya masih muda, bisa menjadi faktor penentu dalam menghadapi tantangan yang menarik. 

"Selama tes yang digelar dengan mesin Ducati Panigale V4 R, ia telah menunjukkan bahwa ia memiliki potensi untuk bersaing dengan pembalap terbaik di WorldSBK, dan berbagi garasi dengan Alvaro Bautista akan membantunya berkembang," kata dia.

Bulega merupakan pembalap asal Italia kelahiran 16 Oktober 1999. Dia mengawali karir di balap motor profesional pada 2014 saat membela KTM di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship dan menempati peringkat 6 di klasemen akhir. Musim 2015, ia meraih juara dunia dengan total 189 poin. 

Di musim 2015, dia juga membela Sky Racing Team VR49 di ajang Moto3. Meski hanya turun dalam satu balapan (wild card), Bulega mampu meraih 4 poin setelah finis di posisi 12. 

Musim 2016-2019 Bulega turun penuh di Moto3. Prestasi terbaiknya adalah peringkat 7 klasemen akhir pada musim 2016. Selebihnya, ia tercecer di peringkat tengah. 

Musim 2020, Bulega naik kelas. Ia bergabung dengan Federal Oil Gresini Moto2. Dua musim di Federal Oil Gresini Moto2 (hingga 2020), prestasinya tak membaik. Ia finis di posisi 20 dan 26 klasemen akhir. 

Bulega lalu pindah ke World SSP bersama Ducati musim 2022. Prestasinya langsung moncer dengan menempati peringkat 4 klasemen akhir di musim perdananya. Total dia mengumpulkan 9 podium, 2 di antaranya peringkat 2 dan sisanya podium 3. 

Saat ini, Bulega merupakan pemimpin klasemen sementara WorldSSP dengan total 308 poin. Dia membukukan 9 kemenangan, 2 kali podium 2, dan 2 kali podium 3 serta mencatat 6 kali pole position. 

Pilihan Editor: Jonathan Rea akan Tunggangi Yamaha YZF-R1 Mulai Musim WorldSBK 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi