5 Tips Merawat Helm Motor saat Musim Panas
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 4 Oktober 2023 16:16 WIB
Perawatan helm pengendara. (Foto: BMW Motorrad)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Helm motor jadi komponen yang cukup berdampak saat cuaca panas. Pasalnya para pengendara tentu akan mengeluarkan keringat dan menempel di bagian dalam pelindung kepala tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kondisi tersebut dapat diperparah dengan debu jalanan yang  ikut menempel hingga ke bagian dalam helm. Dampaknya tidak hanya kotor, bau tidak sedap pun pastinya akan timbul.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 tips perawatan helm saat musim panas.

1. Bersihkan lapisan dalam helm

Keringat menjadi musuh utama di musim panas. Keringat yang menyerap ke dalam lapisan dalam helm dapat menyebabkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, gunakan kain lembut dan basah untuk membersihkan lapisan dalam secara rutin. Jika lapisan dapat dilepas, cuci sesuai petunjuk produsen.

2. Bersihkan kaca pelindung

Kaca pelindung yang bersih penting membuat aman saat berkendara. Caranya mudah hanya dengan kain lembut dan cairan pembersih helm atau air sabun lembut untuk membersihkan kaca pelindung. Hindari menggosoknya dengan bahan abrasif yang dapat menyebabkan goresan.

3. Cuci sarung pelindung helm

Banyak helm saat ini yang dilengkapi dengan sarung pelindung yang dapat dilepas. Sarung pelindung ini adalah lapisan terluar yang melindungi helm dari elemen-elemen luar.

Sebaiknya cuci sarung pelindung secara teratur untuk menghilangkan bau dan menjaga kebersihannya. Pastikan untuk mengikuti panduan pencucian yang diberikan oleh produsen.

4. Bersihkan ventilasi helm

Helm memiliki ventilasi dan celah kecil yang dapat menjadi tempat debu dan kotoran. Gunakan sikat lembut atau sikat gigi yang tidak terpakai untuk membersihkan area-area tersebut.

5. Jemur helm

Setelah membersihkan helm, pastikan untuk menjemurnya dengan cara yang benar. Sebaiknya jangan langsung terkena paparan sinar matahari karena merusak komponen helm.

Caranya tempatkan di tempat yang teduh atau di dekat kipas angin untuk mengeringkannya. 

Pilihan Editor: Helm NHK Mark-1 Berteknologi MotoGP Dijual Mulai Rp 700 Ribu

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi