Tips Aman Liburan Nataru Pakai Motor
Reporter: Zaidan Fadhil
Editor: Jobpie Sugiharto
Sabtu, 17 Desember 2022 14:47 WIB
Pemudik sepeda motor membawa oleh-oleh makanan khas daerah saat melintas di Jalan Arteri, Jalur Pantura, Karawang, Jawa Barat, Jumat, 6 Mei 2022. Ruas jalur pantura mulai didominasi pengendara roda dua saat arus balik mudik pada H+4 lebaran. Dalam perjalanan pulang tidak lupa para pemudik membawa oleh-oleh makanan khas daerahnya masing-masing untuk dikonsumsi secara pribadi maupun diberikan kepada para tetangga di rumah. TEMPO / Hilman Fathurrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Liburan Nataru 2023 atau Natal dan Tahun Baru segera tiba. Rencana perjalanan untuk tamasya atau silaturahim bersama keluarga telah disusun, termasuk bepergian dengan sepeda motor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keselamatan berkendara mesti menjadi yang paling utama untuk memastikan rencana liburan Nataru 2023 terlaksana.

Pengendara motor perlu memeprhatikan safety riding sebelum melakukan perjalanan jauh liburan Nataru 2023.

Berikut ini tips pengendara motor dalam liburan Nataru, dikutip dari berbagai sumber hari ini, Sabtu, 17 Desember 2022:

1. Cek kondisi sepeda motorSebelum perjalanan liburan Nataru harus dicek seperti bensin, oli, rantai, lampu, baterai atau aki, baut mur, kaca spion, kopling, dan rem motor.

2. Pastikan membawa surat-surat kendaraanSTNK dan SIM C angan sampai tertinggal agar tidak bermasalah dengan polisi dalam perjalanan.

3. Pakai helm motor SNIPengendara motor selama liburan Nataru 2023 bisa menggunakan helm motor full face atau half face.

4. Cek tekanan angin ban motor

5. Gunakan sarung tangan, jaket, dan sepatuPilih bahan yang nyaman dan bisa menahan angin dan benturan jika terjadi kecelekaan.

6. Gunakan jaket atau rompi warna flueroscentPeralatan berwarna penting untuk kondisi gelap untuk menghindari motor ditabrak dari belakang.

7. Bawa jas hujanPilih jas hujan terpisah (atasan dan celana) dengan bahan yang tebal dan tidak mudah kemasukan air.

8. Jangan ngebut Kecepatan stabil harus dilakukan agar dapat mengontrol motor. Keselamatan yang utama selama liburan Nataru 2023, bukan kecepatan.

9. Istirahat yang cukupKurang istirahat dapat mengurangi konsentrasi pengendara moror selama liburan nataru 2023 yang bisa berakibat kecelakaan.

10. Taati rambu lalu lintasMentaati aturan dan rambu lalu lintas akan menghindarkan dari kecelakaan, salah arah, dan berurusan dengan polisi.

ZAIDAN FADHIL | TEMPO.CO | JOBPIE

Baca: Tips Berkendara Liburan Nataru di Tengah Ancaman Covid-19

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi