9 Tips Parkir Mobil di Garasi Selama Libur Nataru, Jangan Rem Tangan!
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 7 Desember 2022 10:37 WIB
Gerai Garasi Mocil.id di Kembangan, Jakarta Barat. Mocil.id adalah platform cicil mobil bekas online yang didukung Dipo Star Finance (DSF). FOTO: Mocil.id

GOOTO.COM, Jakarta - Menjelang libur Nataru (Natal dan Tahun Baru), tak sedikit masyarakat memanfaatkan momen ini untuk berlibur ke suatu tempat. Dalam menikmati libur panjangnya, beberapa orang mungkin lebih memilih menggunakan transportasi publik.

Dengan demikian, kendaraan yang mereka miliki ditinggalkan di garasi rumah dalam waktu lama. Sekedar informasi, mobil yang terparkir lama di garasi harus diperhatikan penyimpanannya untuk menghindari kerusakan.

Berikut adalah tips parkir mobil di garasi selama libur Nataru, dilansir dari situs resmi Wuling hari ini, Rabu, 7 Desember 2022:

1. Jangan menggunakan rem tangan

Sebaiknya jangan mengaktifkan rem tangan saat meninggalkan mobil dalam waktu yang lama di rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari bantalan rem tersangkut di cakram.

Jika hal ini terjadi, maka pemilik akan kerepotan ketika harus mengendarainya lagi. Cara amannya, bisa menggunakan kunci roda atau mengganjal ban dengan batu agar tidak berjalan ke depan.

2. Parkir dengan sarung bantal

Parkirkan mobil di garasi karena lebih aman dan juga bersih. Apabila tidak memiliki garasi di rumah dan terpaksa memarkirnya di luar, selimuti mobil dengan sarung. Belilah sarung mobil yang ukurannya pas supaya bisa menutup kendaraan secara keseluruhan.

3. Perhatikan kesehatan busi

Jika berencana meninggalkan mobil dalam waktu lama, disarankan untuk mencopot busi dan menyemprotkan sedikit oli di soket sebelum menaruhnya kembali. Cara ini dapat mencegah kepala silinder berkarat dan kondisinya tetap lembab. Selain itu bisa juga menggunakan aditif untuk memberikan lapisan pelindung ke dalam mesin.

4. Bersihkan mobil

Sebelum ditinggal dalam waktu yang lama, bagian interior mobil wajib dalam kondisi bersih untuk mencegah bakteri timbul di karpet mobil, jok, bahkan kabel-kabel di dalam mesin.

Atau bisa juga menggunakan sedikit pengharum ruangan agar kabin mobil tetap wangi. Untuk mencegah mobil lecet dalam waktu lama, cuci mobil terlebih dahulu untuk membersihkan debu-debu yang menempel.

5. Isi tangki BBM penuh

Tangki bahan bakar bisa berkarat jika ditinggal dalam waktu yang lama. Salah satu cara ampuh untuk menghindarinya adalah mengisi bensin beroktan tinggi secara penuh. Cara ini dapat mencegah tangki bahan bakar cepat berkarat.

6. Cek aki

Jangan lupa untuk mengecek kondisi aki mobil. Pastikan kondisinya prima saat ditinggalkan. Atau bisa melepaskan aki dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung.

7. Gunakan dongkrak

Ban mobil dapat cepat mengempis karena terlalu lama menempel pada permukaan. Untuk menghindarinya, disarankan untuk menggunakan empat dongkrak di masing-masing roda. Hal itu dilakukan demi menghindari mobil bertumpu pada roda.

8. Ganti oli dan filter

Saat ditinggal dalam waktu lama, ada baiknya untuk mengganti oli dan filter terlebih dahulu. Hal ini karena oli bekas mengandung uap air, serbuk logam, lumpur, dan elemen korosif lainnya.

9. Cek tekanan ban

Pastikan tekanan ban pada kondisi sesuai anjuran pabrikan saat mobil akan ditinggal menjalani libur Nataru. Hal ini dapat mencegah keretakan pada pinggiran permukaan ban. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek tutup pentil ban sebelum berangkat liburan Nataru.

Baca juga: PLN Gandeng Komunitas Kendaraan Listrik Kampanyekan Elektrifikasi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Libur Nataru
#nataru
#Liburan Nataru
#Parkir Mobil
#Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi