4 Tips Mempersiapkan Mobil untuk Liburan Nataru
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 7 Desember 2022 10:18 WIB
Petugas melakukan perawatan mobil di gudang penyimpanan kendaraan PT Pegadaian, Jakarta, Jumat, 15 Mei 2020. Dari bulan Februari sampai April menggadaikan kendaraan mengalami kenaikan sebesar 13 persen akibatkan pandemi virus Corona. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tinggal beberapa pekan lagi. Momen liburan Nataru ini kerap kali digunakan masyarakat untuk berlibur atau mengunjungi sanak keluarga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai mobilitas untuk bepergian selama libur Nataru, Anda perlu mempersiapkan kendaraannya. Sebelum bepergian, Anda perlu melakukan perawatan untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima saat digunakan.

Berikut adalah tips mempersiapkan mobil untuk liburan Nataru, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Rabu, 7 Desember 2022:

1. Periksa Kondisi Ban

Wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban. Jangan lupa memeriksa kondisi dan kesiapan ban serep atau cadangan.

2. Cek Oli Mesin

Fungsi utama oli mesin adalah pelindung mesin dari gesekan antar komponen. Pelumas juga membantu melepaskan panas mesin serta membuang kotoran yang terbentuk akibat gesekan antarkomponen mesin. Pastikan volume oli mesin sesuai takaran dan segera tambah jika kurang.

3. Perhatikan Cairan Lain

Cek kembali kondisi air radiator. Pada saat mesin mobil mati atau mobil baru saja distater, buka tutup atas radiator dan perhatikan batas ketinggiannya, termasuk tabung penyimpan cadangan air radiator.

Isi penuh air pembersih kaca yang pegang peran dalam membersihkan kaca depan saat berkendara jarak jauh. Perhatikan pula tabung penyimpan minyak rem dan segera tambah jika kurang. Untuk mobil transmisi manual, periksa volume tabung fluida kopling.

Bagi pengguna aki basah harus cek ketinggian air aki dan bersihkan permukaan terminal aki serta tutup pengisi jika terjadi pengapuran. Adapun mobil yang masih mengandalkan power steering hidrolis bisa mengecek volume minyak power steering.

Pastikan pula freon AC dalam kondisi penuh supaya kabin tetap sejuk selama perjalanan. Amati area ruang mesin dan kolong mobil dari potensi tetesan cairan sebagai tanda kebocoran.

4. Persiapkan Kebutuhan Berkendara

Supaya kabin tetap lega, pengguna mobil jenis MPV atau SUV bisa menggunakan roof rack di atap mobil. Atur posisi duduk penumpang dan barang bawaan supaya suasana kabin terasa nyaman.

Siapkan playlist lagu dan film yang memadai sebagai sarana hiburan, serta makanan dan minuman ringan untuk teman perjalanan.

Tips mempersiapkan liburan Nataru lainnya, jangan lupa isi penuh bahan bakar dan kartu e-toll supaya mobil tidak banyak berhenti selama perjalanan liburan. Pelajari rute dengan mengandalkan peta digital untuk memudahkan roadtrip.

Baca juga: PLN Gandeng Komunitas Kendaraan Listrik Kampanyekan Elektrifikasi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi