Sebelum Nikmati Libur Nataru, Ini 4 Tips Merawat Kaliper Rem Motor
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 18 Desember 2022 14:00 WIB
Seorang montir memperbaiki sepeda motor di Taman Kota, Jakarta, 30 November 2022. BPS menyebutkan jumlah pekerja di Indonesia mencapai 120 juta, dari angka tersebut, 92 juta pekerja memiliki potensi yang harus dilindungi. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Libur natal dan tahun baru (Nataru) 2023 tinggal beberapa hari lagi. Banyak masyarakat yang memanfaatkan libur Nataru ini untuk berlibur atau mudik mengunjungi keluarga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum menikmati liburan Nataru masyarakat disarankan untuk mempersiapkan kendaraannya, khususnya bagi pengguna sepeda motor. Mereka diminta untuk mengecek kondisi motor ketika melakukan perjalan jauh, seperti kaliper rem.

Kaliper rem merupakan salah satu komponen yang penting pada sepeda motor. komponen ini berfungsi sebagai penggerak sistem rem cakram.

Maka dari itu Anda wajib melakukan pengecekan dan perawatan sebelum digunakan untuk berkendara jauh. Ini dilakukan untuk menjaga keselamatan berkendara selama menikmati libur Nataru.

Berikut redaksi Gooto.com merangkum 4 tips merawat kaliper rem motor sebelum menikmati perjalanan jauh selama libur Nataru, dikutip Wahanahonda hari ini, Minggu, 18 Desember 2022:

Bersihkan kaliper

Usahakan untuk rutin menjaga kebersihan kaliper. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan air bertekanan cukup agar debu dan kotoran hilang.

Rutin ganti kampas rem

Pengendara juga harus rutin memeriksa kondisi kampas rem. Jangan sampai melebihi batas aman atau sampai tipis. Pabrikan merekomendasikan untuk mengganti kampas rem setiap 25.000 km atau setiap setahun sekali.

Cek jalur minyak rem

Selalu cek jalur minyak rem, pastikan tidak ada minyak rem yang bocor atau merembes pada jalur minyak rem. Jika ada kebocoran, maka beberapa komponen tidak bisa berfungsi dengan maksimal dan bisa membahayakan pengendara.

Servis Berkala

Hal yang paling penting adalah melakukan perawatan rem cakram sepeda motor secara rutin dan berkala. Paling tidak pemilk motor wajib melakukannya minimal satu kali dalam sebulan.

KHOLIS KURNIA WATI | WAHANAHONDA

Baca juga: Mobil Kadiskominfo Papua Barat Kecelakaan Sampai Terjungkal, Rugi Rp 2 Juta

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi