Tips Keselamatan Berkendara Saat Lewati Lereng Curam dan Berliku
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 5 Desember 2022 14:44 WIB
Toyota C-HR Hybrid di dataran tinggi Tawangmangu, Karang Anyar, Jawa Tengah, 30 April 2022. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Sebuah bus dilaporkan mengalami kecelakaan di jalur Sarangan-Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu, 4 Desember 2022. Bus yang mengangkut rombongan wisatawan dari Semarang itu terjung ke jurang sedalam 20 meter.

"Data sementara ada tujuh orang korban meninggal termasuk sopir. Mengenai penyebab pasti masih kami selidiki. Saat ini fokus evakuasi dan penanganan para korban dulu," kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, dikutip dari Antara.

Bus diduga mengalami rem blong, sehingga sopir hilang kendali saat melalui jalur turunan curam dari arah Tawangmangu menuju Magetan. Bus kemudian menabrak besi pembatas jalan dan masuk ke jurang.

Ketujuh korban tewas dan belasan korban luka-luka telah dievakuasi ke RSUD Sayidiman Magetan dan Puskesmas Plaosan. Kasus kecelakaan tersebut masih ditangani oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Magetan untuk penanganan lebih lanjut.

Dalam kesempatan ini redaksi Gooto.com bakal merangkum tips keselamatan berkendara ketika melewati lereng curam dan berliku, dilansir dari Auto2000:

Pakai Sedikit Putaran Mesin

Tips keselamatan berkendara pertama yang bisa dilakukan oleh para pengemudi adalah menggunakan sedikit putaran mesin saat melewati turunan curam. Biarkan mobil berjalan secara otomatis ke bawah dengan memanfaatkan gaya gravitasi.

Sekedar informasi tambahan, pengaturan kecepatan mobil tidak hanya dengan sistem pengereman saja. Akan tetapi pengemudi mobil juga bisa memindahkan gigi ke posisi lebih rendah.

Jangan Menyalip

Selanjutnya, pengemudi juga sangat tidak disarankan untuk menyalip kendaraan lain saat melawati lereng curam dan berliku. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya munculnya kendaraan lain dari arah berlawanan.

Maka sebaiknya pengendara bersabar hingga tikungan berakhir. Setelah jalurnya sudah lurus, sopir baru disarankan untuk menyalip kendaraan lain. Namun dalam mendahului kendaraan lain, kecepatan mobil Anda disarankan tidak melebihi batas.

Cek Kondisi Mobil

Tips terakhir yang paling penting adalah melakukan pengecekan terhadap mobil. Ini menjadi tips kelsematan berkendara yang wajib dilakukan oleh setiap pengendara. Salah satu komponen yang wajib dicek adalah sistem pengereman.

Maka dari itu, ada baiknya mobil Anda dibawa ke bengkel resmi untuk melakukan servis. Hal tersebut bisa dilakukan beberapa hari sebelum Anda melakukan perjalanan jauh.

Baca juga: Wuling Drive Xperience 2022 Digelar, Perkenalkan Inovasi Almaz Hybrid

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Keselamatan Berkendara
#Tips
#Mobil
#Kendaraan
#Rem
#Tawangmangu

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi