HVS Pamerkan Platform Truk Hidrogen
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 17 Oktober 2023 10:57 WIB
Kepala truk Hydrogen Vehicle Systems. (Foto: HVS)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaInovator kendaraan komersial bertenaga hidrogen, Hydrogen Vehicle System (HVS), meluncurkan platform modular kendaraan komersial besar. Truk ini ditawarkan kepada operator Heavy Goods Vehicle (HGV).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Unit traktor perusahaan akan tersedia dengan dua jenis e-axle – satu daya sedang dan satu daya tinggi – dan memanggul tiga tangki hidrogen, bergantung pada kebutuhan jangkauan pelanggan. Selain itu, powertrain sel bahan bakar hidrogen dapat ditentukan dengan dua output daya berbeda tergantung pada muatan pelanggan dan persyaratan misi.

Platform modular dibangun dengan jarak sumbu roda tetap, yang berarti tapak kendaraan tidak berubah, apa pun spesifikasinya.

Kendaraan HVS yang dirancang telah dikembangkan secara khusus untuk memaksimalkan kenyamanan pengemudi, sementara platformnya dibuat khusus berdasarkan powertrain hidrogen. Desain kendaraan ini mencakup kabin gantung di bagian depan dan menara tetap di bagian belakang, yang menampung sistem termal dan powertrain.

Format platform ini melanggar tradisi standar industri mengenai jenis dan ukuran kabin yang bervariasi – seperti besar, sedang, dan kecil, serta atap tinggi/rendah – dan berarti bahwa varian terkecil pun memiliki ruang kabin yang sama luasnya dengan model terbesar.

Pete Clarke, Kepala Desain di HVS mengatakan, “Kami menawarkan modularitas maksimum dalam satu platform kendaraan dasar, dan kami tidak akan pernah mampu mencapai tingkat fleksibilitas dan optimalisasi ini dengan desain kendaraan yang berasal dari diesel-powertrain.”

Platform Hydrogen Vehicle Systems. (Foto: HVS)

Kendaraan tersebut diciptakan dengan teknologi yang berbeda secara fundamental dalam paket yang serba baru, sehingga setiap milimeter kubik telah dirancang dengan cara baru.

HVS awalnya menghitung jarak sumbu roda maksimum untuk mencapai lingkaran putar dan kemampuan manuver yang diperlukan untuk target pasar. Proses desain kemudian dimulai dengan format powertrain yang optimal, yang kemudian menjadi landasan desain kendaraan – memastikan bentuk mengikuti fungsi.

“Daripada bermain-main dengan konfigurator, HVS dapat memberikan paket nilai terbaik bagi pelanggan berdasarkan informasi tentang apa yang mereka lakukan, muatan yang akan mereka bawa, serta jangkauan dan rute mereka,” ujar Pete Clarke.

Platform modular memungkinkan operator untuk menentukan spesifikasi HGV relatif terhadap operasi mereka, sekaligus melakukan transisi ke armada tanpa emisi. Pendekatan HVS adalah memastikan bahwa mereka memasok kendaraan dalam bentuk yang paling sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Fleksibilitas platform modular sedemikian rupa sehingga truk dapat dengan mudah dipasang dengan modul alternatif seperti tangki hidrogen tambahan jika tugas armada berubah atau diperluas.

Hal ini berdampak pada minimalisasi total biaya kepemilikan (TCO) dan memberikan alasan bisnis yang menarik untuk beralih lebih awal ke kendaraan bebas CO2 seperti truk hidrogen. Penekanan perusahaan adalah pada penggunaan harga per mil dan memastikan operator mencapai kinerja, jangkauan, dan daya tahan yang mereka butuhkan dari kendaraan pengangkut barang generasi berikutnya ini.

Umur pakai platform kendaraan dan daur ulang modul elektrokimia merupakan manfaat lebih lanjut dari platform modular HVS. Arsitekturnya yang mudah beradaptasi berarti modul elektrokimia inti, termasuk baterai dan sel bahan bakar, dapat ditukar dengan modul yang lebih canggih seiring dengan kemajuan teknologi.

Hal ini membuat kendaraan tahan masa depan dan sangat meningkatkan potensi masa operasionalnya, sementara komponen lain yang kurang penting, seperti trim interior atau panel bodi, juga dapat diperbarui secara bersamaan oleh HVS saat peningkatan drivetrain dilakukan.

Pendekatan perbaikan dan penggantian HVS memungkinkan pemilik untuk lebih memanfaatkan kemajuan teknologi dibandingkan truk diesel konvensional atau bahkan truk bertenaga baterai yang setara dengan listrik saat ini.

HVS sedang mengembangkan drivetrain hidrogen baru untuk kendaraan komersial masa depannya, dengan fokus untuk menghasilkan tenaga dan jangkauan maksimum untuk setiap kendaraan operasional. Melalui platform modular ini, HVS menawarkan teknologi terbaik, yang berarti unit traktor 4x2 miliknya menyediakan jangkauan tanpa emisi yang sangat kompetitif hingga 600 kilometer.

Hal ini memungkinkan operator untuk melakukan transisi ke armada tanpa emisi sesegera mungkin, dengan memberikan peluang pembelajaran dini dengan risiko rendah dan biaya terjangkau.

Platform modular yang dapat dipertukarkan berarti modul yang lebih canggih dapat ditambahkan seiring dengan meningkatnya penetrasi HGV hidrogen ke pasar dan semakin matangnya teknologi serta manfaat dari skala ekonomi.

Pengguna awal akan mendapatkan manfaat dari pengetahuan, pengalaman, dan profil pasar pengoperasian HGV hidrogen. sebagai bagian dari transisi menuju teknologi rendah karbon.

Pilihan Editor: Bosch dan Ligier Automotive Siapkan Mobil Balap Hidrogen Ligier JS2 RH2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi