Toyota Hilux Bertenaga Fuel Cell Hidrogen Sudah Siap Produksi
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 7 Juni 2024 13:31 WIB
Toyota Hilux Fuel Cell Hydrogen. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaProyek inovatif untuk menciptakan mobil pick-up fuel cell hidrogen Toyota Hilux telah memasuki tahap akhir pengembangan, menandai tonggak sejarah lain dalam jalur Toyota menuju masa depan tanpa karbon emisi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setelah presentasi prototipe pertama pada September 2023, Toyota dan mitranya, dengan dukungan pemerintah Inggris, telah mencapai tahap evaluasi dan demonstrasi intensif.

Tahapan yang dicapai oleh proyek pengembangan bersama ini semakin menegaskan cakupan luas dari strategi multi-teknologi Toyota menuju netralitas karbon, yang melibatkan penerapan berbagai solusi propulsi – hybrid, plug-in hybrid, listrik, fuel cell, dan bahan bakar elektronik – untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda dan dalam kaitannya dengan infrastruktur lokal.

Di pabrik Toyota Motor Manufacturing UK (TMUK) di Derby, Inggris, 10 prototipe fuel cell Toyota Hilux dibuat. Lima kendaraan sedang diuji untuk mengevaluasi keselamatan, kinerja, fungsionalitas dan daya tahan, menghasilkan data test drive dalam situasi dunia nyata. Lima unit lainnya akan dipamerkan kepada pelanggan dan media, termasuk di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 mendatang. 

Rangkaian Toyota Hilux Fuel Cell Hydrogen. (Foto: Toyota)

Sedianya melibatkan pelanggan dalam teknologi sel bahan bakar hidrogen, Toyota meletakkan dasar bagi kesuksesan sektor transportasi hidrogen di masa depan .

Secara eksternal, Toyota Hilux fuel cell mempertahankan dimensi dan tampilan kokoh yang sama dengan Hilux terbaru. Dalam format kabin ekstra, panjangnya 5.325 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.810 mm, namun di balik permukaannya,  teknologi  fuel cell Toyota menandainya sebagai pionir.

Tenaga disuplai menggunakan elemen yang umum pada Toyota Mirai, sebuah teknologi yang telah terbukti kualitasnya dalam hampir satu dekade produksi komersial sejak Toyota meluncurkan sedan sel bahan bakar hidrogen yang diproduksi secara massal pertama pada tahun 2015.

Toyota Hilux fuel cell diperkirakan memiliki jangkauan 600 km, lebih tinggi dari jangkauan yang dapat dicapai dengan sistem listrik baterai. Selain itu, berkat ringannya hidrogen, muatan dan kapasitas penarik yang lebih tinggi dapat dicapai dibandingkan alternatif tanpa emisi lainnya.

Hidrogen disimpan dalam tiga tangki bertekanan tinggi, masing-masing berisi 2,6 kg dengan total kapasitas sistem 7,8 kg.

Tumpukan fuel cell elektrolit polimer berisi 330 sel dan dipasang di atas penggerak depan. Hilux fuel cell berpenggerak roda belakang berkat motor listrik di penggerak belakang yang menghasilkan tenaga maksimum 134 kW (182 hp) dan torsi maksimum 300 Nm. 

Saat berkendara, sel bahan bakar tidak menghasilkan emisi gas buang, hanya air murni. Baterai lithium-ion hybrid, yang menyimpan listrik yang dihasilkan oleh fuel cell, ditempatkan di lantai kargo belakang, di atas tangki hidrogen.

Elemen kunci dari rencana Toyota untuk memperluas penggunaan hidrogen adalah teknologi sel bahan bakar generasi ketiga baru yang saat ini sedang dikembangkan, dengan penjualan diharapkan pada tahun 2026-27. 

Pilihan Editor: Mobil Listrik Cina Zeekr X dan Zeekr 009 Bakal Hadir di Indonesia Tahun Ini

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi