HySE-X1 akan Ikut Kompetisi Reli Dakar 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 18 Oktober 2023 09:58 WIB
HySE-X1 hasil dari asosiasi HySE yang berbasis di Tokyo ini merupakan kumpulan dari anggota produsen kendaraan asal Jepang. Mulai dari Kawasaki Motors, Ltd., Suzuki Motor Corporation, Honda Motor Co., Ltd., Yamaha Motor Co., Ltd., Kawasaki Heavy Industries, Ltd., dan Toyota Motor Corporation. (Foto: HySE)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAsosiasi riset HySE (Hydrogen Small Mobility & Engine Technology) akan mengikutsertakan kendaraan bermesin hidrogen, HySE-X1, dalam "Misi 1000" Challenge di Reli Dakar 2024 yang akan diadakan di Arab Saudi, pada 5-19 Januari 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mission 1000 adalah bagian baru dari Program Masa Depan Dakar, sebuah upaya yang bertujuan mendesak para produsen mobil untuk mengembangkan teknologi powertrain netral karbon generasi berikutnya seperti mesin hidrogen dan hibrida listrik atau biofuel. 

Bergabungnya HySE dalam Mission 1000 adalah HySE-X1 yang dilengkapi mesin hidrogen. Ini akan dikendarai dalam beberapa kondisi lingkungan paling keras dalam apa yang dianggap sebagai motorsport terberat di dunia, memberikan peluang bagus untuk mempelajari bagaimana kinerja mesin hidrogen dalam kondisi seperti itu. 

Hal ini akan memungkinkan kita dengan mudah mengidentifikasi potensi masalah mobilitas kecil yang belum diketahui, dan mempercepat penerapan teknologi dasar mesin hidrogen. Selain itu, dengan berpartisipasi di Reli Dakar yang terkenal di dunia, diharapkan dapat mempromosikan kehadiran dan inisiatif HySE, sehingga berupaya untuk lebih membangun jaringan global dan lintas industri untuk mewujudkan mobilitas hidrogen kompak.

HySE-X1 yang akan mengikuti acara tersebut didasarkan pada sasis yang dibuat oleh perusahaan mitra HySE Overdrive Racing asal Belgia dengan tata letak yang dimodifikasi untuk mengakomodasi tangki bahan bakar hidrogen dan sistem pasokan bahan bakar. Tenaganya adalah mesin bertenaga hidrogen untuk sepeda motor yang saat ini digunakan HySE dalam aktivitas penelitian. Pengisian bahan bakar dan pemeliharaan hidrogen akan dilakukan oleh Overdrive Racing.

HySE juga berencana untuk memamerkan mockup HySE-X1 di booth Motorsports Program di Japan Mobility Show 2023 yang akan diadakan di Tokyo Big Sight (Ariake, Koto City, Tokyo).

Sebagai asosiasi yang bertujuan untuk mencapai masyarakat netral karbon, HySE telah meneliti mesin hidrogen kecil dan kami berencana untuk terus melakukannya bersama perusahaan mitra kami, bekerja sama untuk melakukan penelitian menuju penerapan dan mempopulerkan mesin hidrogen kecil.

Kenji Komatsu, Ketua HySE dan Pejabat Eksekutif Pusat Penelitian & Pengembangan Teknis, Yamaha Motor Co. Ltd., berkomentar, “Kami memutuskan untuk berpartisipasi dalam Reli Dakar, yang kami tahu memiliki sejarah dan tradisi yang kaya. Alasan utama kami berpartisipasi adalah untuk memberikan kami kesempatan untuk mengkomunikasikan hasil penelitian kami dengan cara yang mudah dimengerti. Selain itu, dengan berpartisipasi dalam acara tersebut, kami dapat mengidentifikasi potensi masalah dan menyempurnakan teknologi kami untuk memecahkan tema teknis yang diperlukan untuk mewujudkan mobilitas kecil hidrogen sesegera mungkin. Kami berharap semua orang akan mencari kami di sana dan menyemangati kami!”

HySE yang berbasis di Tokyo ini merupakan kumpulan dari anggota produsen kendaraan asal Jepang. Mulai dari Kawasaki Motors, Ltd., Suzuki Motor Corporation, Honda Motor Co., Ltd., Yamaha Motor Co., Ltd., Kawasaki Heavy Industries, Ltd., dan Toyota Motor Corporation.

Spesifikasi HySE-X1 hydrogen

Dimensi panjang x lebar x tinggi:  3.530 mm × 2.070 mm × 1.700 mmBobot: Sekitar 1.500 kgTipe sumber tenaga: Liquid-cooled, 4-stroke, In-Line Four supercharged engine / DOHC 16 valvesTotal displacement: 998 cc.

Pilihan Editor: Audi RS Q e-tron Ikutan Baja Aragon, Latihan Jelang Reli Dakar 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi