Ford Ranger Dipersiapkan Bertarung di Reli Dakar 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 15 Juni 2023 11:42 WIB
Ford Ranger dipersiapkan untuk Reli Dakar 2024. (Foto: Ford)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFord Ranger tengah dipersiapkan untuk ikut kompetisi paling ekstrem yakni Reli Dakar 2024. Merupakan tekad dari Ford Performance yang ingin menunjukkan ketangguhan di berbagai disiplin balapan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai catatan terbaru adalah Ford Performance sudah mengangkat banyak piala kemenangan di Le Mans hingga Monako, Daytona hingga Bathurst dan Finke ke Ensenada. Tapi belum sekalipun meraih trofi kompetisi off-road terkejam di muka bumi yakni Reli Dakar.

Salah satu langkah strategi adalah menjalin kerja sama jangka panjang dengan M-Sport dan Neil Woolridge Motorsport (NWM) untuk pengembangan kendaraan, pelayanan dan manajemen event.

“Menjadi salah satu yang dipertimbangkan di kejuaraan offroad dunia – Reli Dakar – telah menjadi tujuan kami,” ujar Mark Rushbrook, Global Director, Ford Performance Motorsports. 

Mark Rushbrook menambahkan, “Kami tidak dapat meremehkan besarnya tantangan di depan. Kami harus menyelesaikan dan belajar terlebih dahulu dengan Ranger T1+ dan mitra seperti M-Sport dan NWM, yang memiliki keahlian mereka. Bersama-sama, kami dapat melakukan hal-hal menakjubkan di bukit pasir semenanjung Arab.”

Reli Dakar sedianya akan digelar pada 5-19 Januari 2024, di Arab Saudi. Ford Ranger akan dibuat setangguh mungkin untuk bisa bertahan di kelas Rally Raid T1+.

Pengembangan bersama antara Ford Performance, M-Sport dan NWM akan terus dilakukan pengetesan seberapa tangguh Ford Ranger T1+ dan sesuai dengan regulasi. (Foto: Ford)

Pengembangan bersama antara Ford Performance, M-Sport dan NWM akan terus dilakukan pengetesan seberapa tangguh Ranger T1+ dan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh penyelenggara.

Mesin tangguh 3.5L EcoBoost yang disematkan di Ranger T1+ terlebih dahulu akan ikutan Spain Baja Espana Aragon dan Morocco Rally du Maroc pada Juli dan Oktober 2023. 

“Pertama kali kami di Dakar akan menjadi petualangan pembelajaran yang akan membantu menginformasikan bagaimana kami bersaing di masa depan,” kata Rushbrook. “Namun seperti semua balapan, kami tidak hanya berpacu untuk menang, kami juga berpacu untuk membantu membuat produk yang lebih baik bagi pelanggan kami.”

Untuk Reli Dakar 2025, Ford Performance dan M-Sport sedang mengembangkan Ranger Raptor T1+ terbaru yang dirancang khusus dan dibuat sesuai regulasi kelas T1+ Dakar.

M-Sport diakui sebagai pengembang dan mendukung M-Sport Ford Puma HybridRally1 terkemuka di Kejuaraan Reli Dunia FIA, serta pembuat mesin untuk program Mustang GT3. NWM telah memainkan peran penting sejak masa kanak-kanak Rally-Raid Ranger.

Saat itu tim sedang mengembangkan dan membangun unit di fasilitasnya di Pietermaritzburg, KwaZulu-Natal, yang ditentukan untuk bersaing dalam regulasi Dakar T1+ penuh di South African Rally-Raid Championship ( SARRC) dan di seluruh dunia.

Pilihan Editor: B.J. Simpson: Ford akan Lebih Banyak Hadirkan SUV di Indonesia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi