Ribut Penggunaan Paten, Nippon Steel dan Toyota Sudah Berdamai
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 4 November 2023 10:54 WIB
Koji Sato, President & CEO, Member of the Board of Directors Toyota Motor Corporation saat peluncuran mobil listrik di Japan Mobility Show 2023, 25 Oktober. (Foto: Toyota)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaNippon Steel Corporation (Nippon Steel) telah memutuskan untuk membatalkan tuntutan hukumnya atas paten lembaran baja listrik terhadap Toyota Motor Corporation (Toyota) yang diajukan pada tahun 2021, sehingga kasus ini ditutup.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota telah menjadi sasaran tiga tuntutan hukum pelanggaran paten oleh Nippon Steel, dengan tuduhan pelanggaran paten terkait dengan lembaran baja listrik yang digunakan dalam motor kendaraan listrik dan diproduksi oleh Baoshan Iron & Steel Co., Ltd. 

Selama dua tahun berikutnya, pengadilan mendengarkan argumen mengenai kemungkinan hak paten dilanggar, namun pada hari Jumat, 2 November, Japan Steel mulai mengesampingkan semua tuntutan terkait ketiga tuntutan hukum tersebut.

"Pengabaian tuntutan" adalah penghentian litigasi yang diprakarsai oleh penggugat dan mempunyai akibat yang sama dengan putusan akhir. Hal ini menutup tuntutan hukum antara Nippon Steel dan Toyota terkait lembaran baja listrik.

“Berkat dukungan dari berbagai stakeholder, termasuk pemasok yang telah mendukung kami selama bertahun-tahun sejak lahirnya industri otomotif Jepang, pemasok baru yang bergabung dengan kami seiring dengan kemajuan teknologi, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, kami akan maju dengan pengembangan baru yang melampaui batas-batas industri saat ini,” ujar perwakilan Toyota.

Dikabarkan oleh Reuters bahwa Nippon Steel tetap memproses dampak dari yang dilakukan oleh Baoshan Iron & Steel Co., Ltd. “Dengan tegas melindungi hak kekayaan intelektualnya sebagai buah dari perkembangan teknologinya,” ujar nara sumber dari Nippon Steel.

Meskipun ada tuntutan tertuju pada Baosteel, produsen baja asa Cina ini menyatakan akan terus aktif menanggapi gugatan tersebut dan dengan tegas membela hak dan kepentingannya.

"Baosteel secara ketat mematuhi berbagai undang-undang dan peraturan termasuk undang-undang kekayaan intelektual baik dalam bisnis domestik maupun internasional," ujar nara sumber yang diinfokan oleh Reuters.

Nippon Steel mengatakan lembaran baja listrik adalah bahan yang sangat diperlukan untuk elektrifikasi mobil dan merupakan salah satu produk utamanya yang bertujuan membantu dekarbonisasi pada mobil, produk listrik, dan pembangkit listrik.

Pilihan Editor: Toyota Hadir di Indonesia Japan The 2nd Auto Parts Business Forum

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi