Bos Honda Tak Terkejut Marc Marquez Berhasil Taklukkan Ducati Desmosedici GP23
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 1 Desember 2023 11:26 WIB
Marc Marquez perdana mengendarai motor Ducati Desmosedici GP23 di tes pramusim MotoGP 2024 di sirkuit Valencia. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Marc Marquez telah menjalani debut dengan menunggangi motor Ducati Desmosedici GP23 di tes Valencia pada Senin, 27 November 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pertama kali menunggangi motor milik Ducati, Marc Marquez langsung tampil mengejutkan. Pembalap berjuluk The Baby Aliens itu nyatanya dapat menaklukkan motor Ducati dengan cepat.

Bahkan, Marc Marquez sempat mencatatkan waktu putaran tercepat di tes Valencia, meski catatan waktunya harus disalip beberapa rider sampai akhir sesi.

Manajer tim Repsol Honda Alberto Puig yang pernah bekerja sama dengan Marquez menyebut tidak terkejut melihat Marc Marquez berada di puncak catatan waktu selama debutnya di Ducati.

"Tidak terkejut sama sekali, sejujurnya. Kami mengenal pembalapnya dan kami bisa melihat potensi motor lain (Ducati). Tidak terkejut sama sekali," kata Puig dikutip dari Speedweek, Jumat, 1 Desember 2023.

Marquez nampaknya tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan Ducati Desmosedici GP23. Terbukti, dia bisa sempat menjadi yang tercepat saat sesi tersisa 90 menit. Juara Dunia 8 kali itumencatatkan waktu 1 menit 29,460 detik.

Namun tak lama berselang, Vinales mengambil alih posisi teratas. Marc Marquez mengakhiri sesi tes dengan melahap 49 lap dan berakhir lebih lambat 0,171 detik dari Vinales. Akhirnya, Marquez menjadi yang tercepat keempat.

Sementara itu, Marc Marquez menyebut terdapat beberapa kekurangan dalam motor tersebut. Dia tetap mengaku senang karena motor lebih murah dikendalikan agar tidak lagi mengalami crash bersama Repsol Honda.

"Di bagian depan saat saya berada di lintasan lurus, saya tidak bisa agresif. Kalau saya agresif, saya kehilangan grip. Lalu motor terasa tidak stabil, khususnya di tikungan pertama, makanya saya harus lebih pelan. Tapi tampaknya tidak akan membuat saya terjatuh karena motornya kecil," ujar Marc Marquez dilansir Motosan.

"Tapi mesinnya sangat bagus, nyaman. Tidak hanya throttle, tetapi juga di bagian depan. Posisi mesinnya tak berlebihan seperti Honda. Sangat mudah, arah antara tikungan 9 dan 10, dan 13. Di awal seperti mengendarai motor. Tapi Honda lebih baik, khususnya kalau bicara jarak antar lengan," sambung dia.

Pilihan Editor: Federal Oil Sambut Marc Marquez di Gresini Racing Hadapi MotoGP 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi